Iklan Banner Sukun
Ragam

Fakta-Fakta Oprah Winfrey, Pernah Alami Pelecehan di Usia Belia Akhirnya Jadi Miliarder Sukses

Oprah Winfrey dengan bukunya yang terkenal. (Sumber foto: Instagram/@oprah)

Surabaya (beritajatim.com) – Oprah Gail Winfrey, atau yang banyak dikenal sebagai Oprah Winfrey merupakan host ternama asal Amerika Serikat. Pemilik show populer The Oprah Winfrey Show ini tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-68 tahun, tepatnya pada 29 Januari.

Di usianya yang tak lagi muda, Oprah telah menuai kesuksesan yang luar biasa, namanya begitu besar dan telah dikenal di penjuru negeri. Selain itu, ia juga dikenal sebagai seorang filantropi yang banyak mendedikasikan diri untuk urusan kemanusiaan.

Dibalik segala keberhasilan dan kekayaannya kini, siapa sangka bahwa Oprah telah menjalani lika-liku yang sulit. Kehidupannya di masa dahulu sangat berbeda dengan kehidupannya yang sekarang penuh binar-binar. Untuk mengenalnya lebih dekat, berikut adalah fakta-fakta seputar Oprah Winfrey.

Masa kecil kelam

Oprah lahir pada tahun 1954 di sebuah pedesaan Missisipi. Ia tumbuh bersama seorang ibu tunggal yang memiliki perekonomian sangat sulit.

Ia pun harus diurus oleh neneknya hingga berusia 6 tahun. Ibunya seorang pekerja keras dari pagi sampai larut malam, menyebabkan Oprah sangat jarang bertemu sang ibu dan kurang mendapat perhatian serta kasih sayang.

Kehidupan seolah tak berpihak padanya karena Oprah kecil yang kala itu masih berusia 9 tahun harus menerima pelecehan seksual secara berkali-kali oleh kerabatnya sendiri.

Bahkan, saat ia hamil pun ia memilih untuk bungkam dan melahirkan anaknya secara sembunyi-sembunyi. Sayangnya sang anak meninggal dunia.

Awalnya kurang berpendidikan hingga mendapat beasiswa

Lantaran kurangnya kasih sayang dari ibu, membuat Oprah pun tak terlalu memikirkan pendidikannya. Hingga akhirnya ketika remaja, Oprah tinggal bersama sang ayah yang cukup keras dan ketat.

Meski begitu, ternyata berkat peraturan ketat sang ayah lah Oprah berhasil meningkatkan akademiknya di sekolah. Kecerdasannya bahkan berhasil membuat ia berhasil menerima beasiswa penuh dari Tennessee State University dan mengambil jurusan radio dan televisi.

Dipecat dari Pekerjaan Pertama

Oprah pertama kali terjun pada dunia media yakni sebagai seorang penyiar di stasiun radio untuk komunitas Afrika-Amerika di Nashville.

Hal tersebut membuat ia menjadi pembaca berita perempuan kulit hitam pertama di kota tersebut. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk berhenti kuliah dan bekerja di stasiun televisi lokal.

Ia pindah ke Baltimore untuk menjadi co-host talk show pertamanya “People is Talking”. Pada acara tersebut, Oprah memberanikan diri untuk mengungkap tentang pelecehan seksual yang ia terima, naasnya hal tersebut malah membuatnya dipecat.

The Oprah Winfrey Show

Setelah berbagai perjalanan yang ia hadapi, akhirnya di tahun 1986 “The Oprah Winfrey Show” dirilis. Sebagai informasi, pada tahun yang sama, ia berperan dalam film besutan sutradara Steven Spielberg, The Color Purple. Film ini ikut andil dalam melejitkan namanya serta acara talkshownya ke skala nasional.

Mampu bertahan selama 25 tahun, talkshow yang berlangsung hingga 2011 ini telah ditayangkan di lebih dari 100 negara, hingga menjadi acara bincang televisi dengan rating paling tinggi dalam sejarah Amerika Serikat. The Oprah Winfrey Show juga memenangkan penghargaan televisi Emmy sebanyak 10 kali.

Menjadi miliarder wanita kulit hitam pertama di Amerika Serikat

Namanya memang telah sampai di puncak kejayaan, bahkan di tahun pertama The Oprah Winfrey Show, acara tersebut memperoleh keuntungan sebesar 30 juta USD atau sekitar RP480 miliar.

Oprah menjadi wanita Afrika-Amerika terkaya pertama di abad ke-20. Tak hanya kekayaannya, ia rupanya juga menjadi wanita paling berpengaruh di masanya.

Di atas adalah beberapa fakta dan kisah perjalanan Oprah Winfrey yang patut dijadikan pembelajaran. Ia telah menginspirasi banyak orang berkat tekadnya untuk meraih kesuksesan meski ia telah dijatuhkan berkali-kali oleh keadaan.

“Melakukan yang terbaik saat ini akan menempatkan kamu di tempat terbaik di masa depan”.  Begitulah kiranya kutipan perkatan Oprah Winfrey yang pernah ia sampaikan.(mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar