Iklan Banner Sukun
Ragam

Fakta dan manfaat wasabi bagi tubuh

(Foto: Cottonbro, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Wasabi merupakan Pelengkap makanan yang berbentuk pasta warna hijau yang khas. Wasabi berasal dari tanaman herbal yang masih satu famili dengan kubis dan kol. Biasanya wasabi di konsumsi dari batang tanaman.

Batang tanaman wasabi diparut dan diolah untuk menghasilkan pelangkap makanan dengan Tekstur menyerupai pasta, Selain itu wasabi juga memperkaya Citarasa hidangan. bahkan juga wasabi dipercaya memiliki kandungan gizi yang tidak sedikit.

Wasabi dapat memberikan tubuh dengan energi dan zat gizi yang mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan gizi wasabi Diantaranya jenis vitamin larut lemak ( A,D,K,E), pridoksin (vitamin B6), Kobalamin (vitamin B12), vitamin C, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, Fosfor, kalium, Selenium, dan Zinc.

Wasabi sering di juluki sebagai lobak Jepang yang kaya akan betaKaroten, glukosinolat dan isotiosianat, adapun isotiosianat merupakan sumber yang memberikan rasa pedas pada wasabi. Walaupun wasabi tidak sepenuhnya disukai oleh Masyarakat Indonesia karena rasa yang tidak enak atau baunya yang pedas dan menyengat, namun ternyata wasabi punya berbagai manfaat yang berguna bagi tubuh.

Menurunkan resiko kanker

Isotiosianat merupakan zat fitokimia yang memiliki sifat mencegah kanker yang kuat. Hari ini telah dibuktikan oleh salah satu penelitian dalam jurnal cancer Epidemiologi, Biomakers and prevention. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa wasabi membantu penurunan resiko pertumbuhan sel kanker paru dan kanker kerongkongan.

Menjaga kesehatan jantung

Makan olahan wasabi dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda karena wasabi memiliki zat yang bersifat antipercholesterolemic Yang mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh.

Meredakan nyeri akibat Peradangan

Wasabi mampu meredakan nyeri akibat Peradangan atau pembengkakan sendi yang sebelumnya telah ditemukan oleh para peneliti dari university of California. Di dalam otak, senyawa isotiosianat mampu menghentikan aliran sensasi sinyal rasa sakit.

Dan itulah manfaat pada wasabi walaupun bukan sekedar penambah rasa pada sushi dan Sashimi. Wasabi memiliki banyak manfaat seperti yang disebutkan di atas, namun wasabi juga memiliki manfaat seperti meringankan gejala masalah pernafasan, mencegah infeksi pada sistem pencernaan, dan membantu mencegah obesitas. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar