Iklan Banner Sukun
Ragam

Enam Cara agar Laptopmu Tetap Awet

[foto: vlada karpovich/pexels.com]

Surabaya (beritajatim.com) – Meskipun pandemi Covid-19 telah satu tahun lebih merebak, beberapa perusahaan masih menerepkan sistem bekerja dari rumah, atau yang biasa disebut Work From Home (WFH). Hal tersebut dilakukan tentu saja untuk menekan angka Covid-19. Tuntutan WFH membuat kita tidak bisa lepas dari gadget, terutama laptop. Seluruh pekerjaan kini bergantung pada aktivitas mobile.

Tak jarang, laptop kita harus terus digunakan selama hampir 24 jam tanpa istirahat. Bukan tidak mungkin performanya menjadi lambat, pekerjaan pun terhambat dan terasa menjengkelkan. Oleh karena itu, agar umur pemakaian laptop dapat bertahan lama, kita melakukan perawatan. Karena bagaimanapun, laptop kini sudah menjadi kebutuhan primer.

Beberapa cara yang sudah kami rangkum di bawah ini dapat kalian lakukan untuk menghindari kerusakan laptop kalian.

1. Hindari menggunakan laptop di atas kasur
Tidak hanya dihindari, perlakuan ini juga sangat tidak boleh dilakukan. Bekerja di atas kasur memang terasa lebih nyaman, tetapi hal itu dapat menyumbat udara panas dari dalam laptop yang harusnya keluar. Jika laptop kalian sering mengalami overheat, bisa jadi itulah alasannya.

2. Perhatikan suhu laptop
Masih berkesinambungan dengan overheat, bisa juga disebabkan oleh pemakaian yang terlalu lama. Akibatnya akan berbahaya bagi bagian-bagian di dalam laptop. Karena itu, tetap jaga suhu laptopmu stabil, caranya bisa dengan cooling pad atau kipas tambahan untuk mendinginkan laptop.

3. Jauhkan dari makanan dan minuman
Nyemil memang menjadi teman setia yang menemani di kalan WFH. Tetapi, perhatikan agar makanan dan minuman kalian tidak terlalu dekat dengan laptop. Terlihat sepele memang, namun remahan makanan yang jatuh ke atas keyboard bisa membuat tombol-tombolnya tidak berfungsi. Ditambah jika minuman yang tumpah, laptop kalian akan mengalami kerusakan.

4. Beri waktu istirahat
Laptop juga memerlukan waktu istirahat. Pemakaian yang secara terus menerus akan meningkatkan suhu laptop. Jika sudah begitu, ada baiknya untuk didinginkan selama 15-20 menit. Jangan lupa untuk mematikan laptop setelah selesai digunakan. Biasanya seseorang menggunakan mode sleep dan mengira laptop sudah mati, adahal sistem di dalamnya masih bekerja. Maka pastikan untuk menekan shutdown atau mode hibernate agar laptop benar-benar istirahat.

5. Jangan langsung menutup layar
Setelah mematikan pun biasanya seseorang terburu-buru untuk menutup layar. Hal ini tidak dianjurkan apalagi saat laptop dalam kondisi panas. Udara yang seharusnya keluar malah mengenai layar laptop dan dapat berakibat fatal pada layar laptop.

6. Cabut charger saat baterai penuh
Isi baterai sampai penuh sebelum pemakaian, dan jika sudah terisi hingga 100%, segera cabut charger agar tidak terus terhubung dengan laptop. Itu dilakukan untuk menjaga baterai laptop agar tetap awet dan tidak bocor. Jangan pula menggunakan laptop hingga baterai habis tak tersisa.

7. Bersihkan hard drive
Selalu sempatkan untuk menghapus file-file yang sudah tidak terpakai di laptop. Penumpukan file bisa membuat kinerja laptop melambat karena terbebani.

Hayo, siapa yang masih suka melanggar kiat-kiat di atas? Rawat laptop kalian agar pekerjaan menjadi lancar. [mnd/bj0]


Apa Reaksi Anda?

Komentar