Ragam

Efektif Untuk Isi Baterai HP! Ini Tips Memilih Power Bank

(Sumber foto: Markus Winkler, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Di zaman digital ini, Baterai HP mungkin tidak akan sampai bertahan sehari. Apalagi jika gawai Anda digunakan untuk kebutuhan kerja. Jika jauh dari colokan charger sebaiknya Anda memakai Power Bank.

Tapi dalam memilih power bank tidak bisa sembarangan. Karena ada beberapa power bank yang tidak sesuai dengan kapasitas pada tulisan. Ada juga power bank yang bisa berdampak baterai HP jadi kaki boros. Berikut tips buat memilih power bank yang baik dan benar

Pemilihan kapasitas

Langkah pertama dalam memilih power bank yaitu perhatikan soal kapasitas power bank tersebut. Biasanya kapasitas berkisar 1.000 mAh hingga 120.000 mAh. Namun semakin besar maka semakin mahal juga harga power bank.

Caranya, jika gawai Anda berkapasitas baterainya 3500 mAh. Sebaiknya kapasitas power bank yang digunakan punya kapasitas dengan 10.000 mAh. Sehingga ini bisa cukup untuk mengisi hampir 3 kali. Paling pas gunakan power bank yang bisa mengisi 2 sampai 3 kali.

Ukuran dan Desain

Pada intinya, semakin kecil baterai maka semakin kecil power bank tersebut. Semakin kecil juga makin enak mudah dan nyaman dibawa kemana mana. Untuk desain biasanya pake yang simple dan elegan. Pilihlah desain dan ukuran yang sesuai kebutuhan Anda.

Harga

Sama seperti ukuran, semakin besar kapasitas maka semakin mahal powerbank tersebut. Namun harga juga tergantung pada faktor-faktor seperti merek, kualitas, teknologi, hingga fitur. Perhatikan juga hal itu, sebaiknya Anda bisa mencari – cari terkait hal ini melalui search engine.

Fitur dan Teknologi

Untuk fitur biasanya sudah bervariasi. Misalnya, Fast Charging juga mengurangi waktu pengisian. Passthrough charging bisa sambil mengisi perangkat lain saat sedang diisi. Pengisian nirkabel alias wireless, cuma tinggal tempel terus bisa mengisi sendiri. Untuk fitur lain seperti lampu indikator, layar LCD, atau malah lampu senter sebenarnya tidak terlalu berpengaruh.

Port dan Jenis Baterai

Misal ada dua colokan nanti ada angkanya pasti beda. Nilai A (Ampere) semakin tinggi nilai A, semakin cepat pengisian daya ke HP Anda. Jenis baterai sendiri ada dua yaitu Lithium-Polymer (Li-Po) sudah jarang digunakan karena mudah meledak. Satu lagi, Lithium-Ion (Li-Ion) lebih populer dan banyak digunakan.

Pertimbangkan beberapa hal itu saat Anda hendak membeli power bank. Namun harus diingat, sebaiknya membeli barang original, bukan bajakan. (dan/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar