Iklan Banner Sukun
Ragam

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Agar Setan Tak Bisa Ikut

Ilustrasi seseorang tengah memakan ayam kentucky. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Jalan-jalan sambil menikmati kuliner di daerah wisata memang menyenangkan. Namun, jangan lupa membaca doa sebelum makan.

Dalam Islam, ada berbagai doa yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk sebelum dan sesudah menyantap hidangan.

Berdoa sebelum makan ternyata bisa mencegah setan untuk ikut makan hidangan bersama manusia. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Muslim dan Ahmad.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan” (HR. Muslim dan Ahmad).

Oleh karena itu, membaca doa sebelum makan merupakan hal yang tak bisa diremehkan. Berikut ini bacaan doa sebelum dan sesudah makan lengkap dengan tulisan Arab, latin dan artinya.

Doa sebelum makan

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaa bannar.”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Doa sesudah makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoona wa ja’alanaa minal muslimiin.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin.”

Ketika Lupa Membaca Doa Makan

Manusia tak luput dari kesalahan. Adakalanya saat menikmati hidangan yang tersedia, kita lupa membaca doa.

Dalam Kitab Al Adzkar, Imam Nawawi radhiyallahu ‘anhu berkata:

“Jika seseorang meninggalkan membaca “ bismillah” di awal karena sengaja, lupa, dipaksa, tidak mampu mengucapkannya karena suatu alasan, lalu ia bisa mengucapkan di tengah-tengah makannya, maka ia dianjurkan mengucapkan ‘bismillaah awwalahu wa aakhirohu’.”

Sementara itu, dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: ‘Bismillaah awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)’.”

Dari penjelasan tersebut, kamu bisa mendapatkan bacaan doa ketika lupa baca doa makan. Berikut bacaan doanya:

بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Bismillahi awwalahu wa akhirahu.

Artinya: “Dengan nama Allah untuk permulaan dan selesai makan.”

Itulah doa sebelum dan sesudah makan lengkap dengan tulisan Arab, latin dan artinya. Bagi yang lupa membaca doa makan bisa membaca ‘Bismillahi awwalahu wa akhirahu.’ (nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar