Ragam

Discord Hingga Slack, Layanan Webinar Selain Zoom

(Foto: Gabriel Benois, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Selain Zoom yang sudah familiar digunakan dalam beraktivitas daring, banyak aplikasi serupa yang dapat dimanfaatkan. Aplikasi ini tidak kalah canggihnya dengan Zoom, bahkan beberapa menyediakan berbagai fitur menarik.

Zoom memang sangat cocok digunakan saat beraktivitas di rumah, namun zoom ini punya kapasitas yang terbatas. Zoom juga dibatasi oleh waktu jika kalian tidak melakukan pembelian yang premium. Lalu, apa ada aplikasi lain selain zoom yang bisa dijadikan alternatif?

Google Classroom

Google Classroom merupakan bagian dari teknologi milik mesin pencari terbesar di dunia yaitu Google. Aplikasi ini sangat membantu kalian yang berprofesi sebagai guru, atau tenaga pengajar. Google Classroom dibekali dengan dengan fitur-fitur yang bisa mempermudah pengajar maupun siswa dalam menggunakannya. Para siswa cukup menggunakan kode atau menerima undangan dari pengajar untuk tergabung dalam Google Classroom.

Google Hangout Meet

Masih dari Google, aplikasi ini memungkinkan Video Conference untuk digunakan oleh 250 orang. Di samping, Google Hangout Meet juga dapat melakukan siaran “live streaming” hingga 100 ribu penonton. Tentunya aplikasi ini sangat cocok untuk kalian dengan kebutuhan skala room virtual yang besar.

Discord

Discord mungkin tidak asing lagi bagi para pemain gim daring. Dahulu, aplikasi ini digunakan gamers untuk mempermudah komunikasi mereka ketika bermain “game”. Namun, saat ini Discord dapat dimanfaatkan menjadi aplikasi penunjang kerja dari rumah. Dengan fitur pesan teks, panggilan suara, dan juga panggilan video, aplikasi ini patut untuk kalian pertimbangkan.

Discord juga punya kapasitas yang sangat besar bagi penggunanya, dengan penggunaan yang gratis. Sehingga kalian tidak perlu khawatir jika dibutuhkan dalam skala besar.

Microsoft Teams

Microsoft selain menyediakan beberapa aplikasi untuk kerja kepenulisan, olah data, saat ini juga mengembakan aplikasi multitask bernama Microsoft Teams. Aplikasi interaktif ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pesan instan, panggilan suara, panggilan video, pengiriman dokumen, dan masih banyak lagi.

Beberapa aplikasi interaktif itu bisa kalian coba saat bekerja dari rumah. Selain zoom yang sudah familiar digunakan, aplikasi itu bisa jadi opsi lain jika kalian bosan. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar