Iklan Banner Sukun
Ragam

Dijamin Ngacir Lagi! Cara Mengatasi Laptop Windows 10 Super Lemot

Ilustrasi laptop yang lemot menggunakan Windows 10. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Saat ini, kita semakin akrab dengan sistem kerja daring yang memanfaat perangkat komputer atau leptop di rumah. Kebutuhan akan perangkat ini meningkat pada dua tahun terakhir saat pandemi Covid-19 mewabah. Namun yang kerap menjadi soal, kita sering mendapati leptop kita bekerja dengan lambat, bahkan untuk membuka folder.

Hal tersebut tentu sangat mengganggu kinerja kita, bahkan bisa mempengaruhi mood seseorang dalam bekerja. Dampaknya bisa merembet pada pekerjaan kita yang akan terbengkalai. Oke, langsung saja simak tip-tip agar leptop kamu kembali bekerja optimal dan tidak lemot. Oh iya, cara ini untuk kamu yang memakai windows 10 di leptop kamu ya.

Tiga Cara Tangani Windows 10 yang lemot:

1. Update Driver Grafik

Pada umumnya, saat kamu pertama kali menginstal windows 10, tampilan di layar seperti tidak ter update. Penyebab lambatnya, bisa jadi karena kalian belum meng update driver grafik. Cara untuk meng upgrade nya: Buka file explore, klik kanan di This PC lalu klik Properties.

Setelah itu, pilih Device Manager. Lalu klik, Display Adapters. Update Display adapters dengan klik bagian panah dan aktifkan jaringan internet. Kemudian update dengan cara klik kanan, tekan update drivers. Setelah itu, klik search automatically for updated driver software.

Jika setelah melakukan tahap itu, leptop kamu masih lemot, lanjut ke cara berikutnya.

2. Tekan Windows + R

Setelah kamu menekan windows + R, di layar leptop akan muncul layar kecil, ketikkan di layar prefetch  kemudian tekan oke.  Jika muncul tanda seru dengan tulisan You don’t currently have permission to access this folder klik continue. Setelah itu akan tampil deretan file, file itu merupakan folder sampah yang ada di perangkat kamu.

Hapus seluruh file dengan cara tekan ctrl + A  klik kanan lalu klik delate. Tunggu proses penghapusan selesai dan jika ada muncul tampilan  The action can’t be completed because the file is open in windows audio endpoint bui;der, maka cek list tanda centang dan klik  skip.

Setelah selesai, tutup folder dan tekan lagi windows + R. Lalu ketikkan di keyboard kalian, tekan shift dan % (persen) bersamaan kemudian ketikkan temp dan persen  lagi.Lalu klik  oke. Setelah itu tekan ctrl + A lagi, seperti sebelumnya dan hapus file-file sampah yang ada di perangkat kamu.

Selanjutnya tutup file dan tekan lagi windows + R, ketikkan dengan huruf besar TEMP kemudian klik oke. Setelah itu kembali muncul file sampah dan tekan ctrl + A dan klik delete.

Setelah seluruh sampah telah terhapus, kali ini lanjut masuk ke file explore  dan klik this PC  dan di local disk C, klik kanan lalu klik properties. Lanjut, pilih disk Cleanup . Tunggu beberapa saat, akan muncul tampilan layar kecil, beri centang pada file yang terisi (tidak 0 bytes).

Setelah dicentang, akan muncul jumlah sampah pada leptop kalian. Semakin jarang leptop dibersihkan, jumlah sampah akan makin menumpuk bahkan bergiga. Lalu klik oke  dan  delete file.

3. Masuk File Explore

Setelah seluruh tahapan di atas selesai, kalian langsung masuk ke file explore dan klik  this PC, klik kanan dan klik  properties . Lalu pilih Advanced system setting  dan masuk ke menu  advanced pilih performance lalu masuk ke settingannya. Akan muncul beberapa pilihan, kalian pilih Adjust for best performance lalu klik apply dan klik oke.

Setelah semua tahapan berakhir kalian akan langsung merasakan perubahan pada kinerja leptop kalian yang terasa lebih cepat. Silahkan mencoba! (Jhn/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar