Ragam

Dianggap Sama, Ini Perbedaan Teaser dan Trailer yang Tidak Banyak Orang Tau

(Foto: Henry & co, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebelum film anyar dirilis, rumah produksi biasanya akan mengeluarkan bocoran sedikit demi sedikit. Ini tentu saja untuk mengundang rasa penasaran penonton agar tertarik untuk menontonnya. Tidak hanya sekali, bahkan hingga berkali-kali. Diawali dari teaser, lalu trailer, atau mungkin ada juga final trailernya. Meski sering dikira hal yang sama, teaser dan trailer merupakan hal yang berbeda loh.

Sederhananya, teaser dan trailer ini berupa cuplikan singkat yang menggambarkan mengenai film yang akan ditayangkan. Gambaran tersebut tentunya tidak menjelaskan keseluruhan cerita, melainkan hanya potongan yang bisa menjadi ajang promosi sebelum film resmi diluncurkan.

Jika dicari padannanya dalam Bahasa Indonesia, teaser sama dengan penggoda. Sesuai dengan namanya, ia berfungsi untuk menggoda dan meningkatkan rasa ingin tau penonton. Ditambah dengan durasi yang singkat, yaitu hanya sekitar 1 menit dan minim keterangan. Alur cerita ditampilkan secara acak dan yang jelas saat menontonnya, kalian akan penasaran bercerita tentang apa film tersebut.

Sebenarnya, teaser tidak hanya khusus diciptakan untuk film, banyak juga karya lain yang meluncurkan teaser sebagai pembuka. Seperti video musik atau bahkan perilisan suatu brand dan produk. Teaser umumnya dirilis jauh sebelum tanggal perilisan.

Sementara itu, berbeda dengan teaser, trailer mencakup hal yang lebih banyak dan lebih lengkap dari teaser. Seperti plot inti cerita yang lebih jelas sehingga bisa membayangkan film seperti apa yang akan tayang. Dalam trailer biasanya juga mencantumkan nama pemain, sutradara, produser, dan jadwal tayang. Hal ini bisa meningkatkan minat menonton mengetahui siapa saja yang membintangi film tersebut.

Dengan cuplikan adegan yang lebih banyak, trailer biasanya berdurasi 2-3 menit. Hampir sama apabila muncul final trailer, bedanya hanya pada alur cerita yang semakin terlihat atau munculnya karakter yang belum dikeluarkan pada trailer pertama.

Secara garis besar, jika teaser hanya menggoda, trailer akan menjelaskan bagaimana alur cerita dan konflik apa yang akan dihadapi sang tokoh utama. Trailer akan ditayangkan beberapa bulan hingga beberapa minggu dari perilisan film. Sinema pertama yang menggunakan trailer adalah “The Pleasure Seekers” yakni pada tahun 1913.

Meski dengan beberapa perbedaan tersebut, keduanya masih memiliki tujuan yang sama. Yaitu mengundang para penonton agar turut meramaikan karya tersebut. Teaser dan trailer yang menarik akan berpengaruh juga pada jumlah penontonnya. (mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar