Iklan Banner Sukun
Ragam

Desainer Perempuan Asal Surabaya Ini Berhasil Buat Karyanya Mendunia

Foto Peggy Hartanto dan Diana Putri. (Sumber foto : instagram Dianaputri dan peggyhartanto)

Surabaya (beritajatim.com) – Dunia fashion memang selalu menarik, tidak hanya bagi mereka yang mencintainya sebagai pemakai, juga bagi para perancangnya.

Melalui fashion atau busana, seseorang kerap mengekspresikan kepribadian dan suasana hatinya. Ada begitu banyak perancang busana di dunia yang karyanya dipakai oleh tokoh maupun publik figur internasional, termasuk karya rancangan desainer Indonesia.

Berikut adalah desainer perempuan asal Surabaya yang karyanya mendunia:

Diana Muljono Putri

Baru-baru ini, nama Diana Muljono Putri menjadi perbincangan di dunia maya. Salah-satu penyebabnya adalah rancangan busana miliknya berupa korset mutiara ‘Pearl Chandelier’ berwarna putih dan berbentuk hati dipakai oleh Jennie Blackpink. Jennie memakainya dalam vidio musik ‘Shut Down’ yang baru-baru ini dirilis. Tidak hanya Jennie, 3 personil Blackpink lain, Rose, Jisoo dan Lisa juga memakai rancangan busana Diana dalam pemotretan vidio musik mereka.

Member Blackpink bukan satu-satunya artis internasional yang pernah memakai busana rancangan Diana. Desainer asal Surabaya ini juga pernah merancang busana, Nikki Bella, Paris Hilton, Janet Jackson, Toni Braxton, Ashanti, Camila Cabello dan Ariana Grande. Ia mulai karirnya sebagai seorang desainer pada tahun 2010, dan hingga hari ini, alumni Sastra Inggris Universitas Kristen Petra ini masih merancang busananya di Surabaya.

Namun ia menempatkan PR (Public Relation) nya di New York, Amerika Serikat untuk memperlebar sayapnya. Brand busana Rancangan Diana bernama ‘Diana Couture’. Ia juga pernah memenangkan penghargaan Global Fashion Award untuk katagori desainer terbaik di ajang Couture New York Fashion Week 2015.

Peggy Hartanto

Desainer Indonesia kedua yang juga berhasil menancapkan karirnya di dunia internasional adalah Peggi Hartanto, yang juga berasal dari Surabaya. Wanita berusia 34 tahun ini telah bermimpi menjadi seorang desainer sejak ia masih menginjak bangku SMA. Ia menempuh pendidikan fashion di Raffles College of Design and Commerce, Sydney dan lulus sebagai mahasiswa terbaik dalam bidang desain fashion di tahun 2009.

Setelah lulus ia sempat bekerja di Collette Dinnigan, salah-satu merek fashion terkemuka di Australia. Sebelum akhirnya memutuskan kembali ke Indonesia dan membuat brand nya sendiri bernama ‘Peggy Hartanto’. Karyanya, banyak dipakai oleh artis internasional, salah-satu adalah artis sekaligus penyanyi asal Amerika Serikat Beyonce .

Beyonce memakai gaun rancangan Peggy dalam acara ulang tahun Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama di tahun 2021. Tidak hanya Beyonce, artis internasional lainnya juga pernah memakai rancangan Peggy. Seperti: Gigi Hadid, Anne Heche, Kathleen Robertson, Amanda Schull, Victoria Summer, Alyssa Milano hingga Giuliana Rancic.

Peggy juga mendapat berbagai penghargaan atas rancangan busana yang ia buat. Salah-satunya ialah Australia-Indonesia Center Young Designer Prize di 2014. Kemudian di tahun 2016, Peggy masuk Forbes 30 under 30 Asia : The Arts, orang-orang berusia di bawah 30 yang memiliki pengaruh di bidang seni dari seluruh dunia.

Ia juga berhasil masuk nominasi di International Woolmark Prize 2017, sebuah ajang kompetisi yang diadakan The Woolmark Company (perusahaan yang memiliki otoritas global dalam material kain yang terbuat dari wol).

Itulah 2 desainer perempuan asal Surabaya yang karyanya berhasil mendunia. (Jhn/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar