Iklan Banner Sukun
Ragam

Deretan Pertanyaan yang Kerap Ditanyakan Ibu Hamil

(Foto: freestock org, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Bagi para wanita yang baru pertama kali merasakan hamil, tentu menjadi hal wajar apabila masih banyak hal yang belum dimengerti dan ingin ditanyakan. Mulai dari jenis makanan hingga aktivitas lain yang mungkin tidak diperkenankan untuk dikonsumsi maupun dilakukan.

Hal ini tentu karena kesehatan ibu jadi lebih rentan, termasuk pada janin yang dikandungnya. Berikut beberapa penjelasan yang kerap dipertanyakan para ibu hamil, di antaranya;

Ibu hamil begadang dan minum kafein

Pada dasarnya begadang boleh-boleh saja bagi setiap orang, termasuk juga ibu hamil. Jika tidak ada kepentingan maka lebih baik dihindari saja, lain halnya dengan mereka yang mengalami gangguan tidur.

Untuk konsumsi kafein pun diperbolehkan asal dalam jumlah minim atau tidak berlebihan. Namun, disarankan jika mengonsumsi kafein atau kopi di pagi hari, setidaknya setelah makan saat lambung tidak kosong.

Ibu hamil mandi malam hari

Sebenarnya mandi malam hari tidak terlalu berdampak pada kesehatan tubuh, termasuk bagi ibu yang sedang mengandung. Namun, jika sedang hamil lebih baik mandi menggunakan air hangat.

Hal ini berguna untuk menjaga kondisi badan tetap fit, terlebih setelah lelah dengan aktivitas sehari-hari, seperti kerja dan sebagainya.

Ibu hamil berenang

Banyak juga ibu hamil yang mempertanyakan perihal ini. Sebenarnya berenang merupakan suatu kegiatan olahraga yang cukup baik dan memang disarankan.

Terlebih karena aktivitas tersebut minim risiko terhadap kesehatan dan keselamatan janin. Selain itu juga bagus untuk melatih paru-paru, pernafasan, serta kelenturan. Jika bisa, para ibu hamil ini bahkan menggunakan gaya dada ketika berenang agar otot-otot pinggang terlatih.

Ibu hamil kerokan

Ibu yang sedang mengandung boleh kerokan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya tidak boleh sampai menimbulkan rasa nyeri atau sakit, apalagi hingga sampai berdarah.

Penggunaan balsem pun juga perlu diperhatikan, jangan sampai yang terlalu panas. Jika kerokan berlebihan bisa saja menimbulkan kontraksi rahim.

Ibu hamil gunakan minyak kayu putih di perut

Karena minyak kayu putih tidak sepanas seperti koyo dan balsem, jadi masih diperbolehkan bagi ibu hamil yang ingin mengoleskannya di perut.

Ibu hamil mengemudi sendiri

Boleh-boleh saja sebenarnya para ibu hamil mengemudikan kendaraan sendiri. Namun, jika kondisi jalanan sedang ramai, macet, atau untuk perjalanan jauh, lebih baik tidak mengemudi sendiri.

Duduk terlalu lama di kendaraan tak jarang justru membuat stres. Hal-hal seperti ini yang perlu diwaspadai, karena bisa memicu kontraksi rahim.

Ibu hamil gunakan hand body

Ibu hamil juga diperbolehkan menggunakan hand body, hal ini bahkan cukup baik dilakukan. Karena selain mencegah gatal-gatal, juga dapat menjaga kelembapan kulit, terlebih ketika sedang mengandung yang kerap membuat kulit jadi lebih kering. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati