Iklan Banner Sukun
Ragam

Deretan Kota Kuno Ini Bisa Jadi Alternatif Wisata Eksotis

(Foto: Kota Machu Pichu, Peru/ Paula Nardini, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Sejak jutaan tahun yang lalu manusia membentuk sebuah kelompok untuk membangun peradaban. Bahkan cerita sejarah dunia yang menarik tidak akan ada habisnya untuk dikupas.

Mulai dari misteri yang belum terpecahkan hingga arsitektur dan bangunan yang identik dengan peradaban kuno memiliki daya tarik tersendiri, terlebih bagi pecinta sejarah. Tak ayal jika banyak opsi kota-kota kuno di dunia yang dijadikan sebagai wisata sejarah.

Berikut beberapa deretan kota kuno di dunia yang bisa dijadikan wisata sejarah.

Memphis (Mesir)

Sudah banyak orang yang tahu jika keberadaan Memphis di Mesir merupakan suatu bukti peradaban kuno yang menyimpan segudang catatan sejarah. Tidak mengherankan karena kejayaannya berlangsung hingga 30-an abad.

Pada masa itu, Memphis merupakan ibu kota pertama di Mesir yang telah berdiri sejak 2925 Sebelum Masehi (SM).

Petra (Yordania)

Tanah Arab juga tidak dipungkiri jika memiliki cerita sejarah yang sangat kental. Salah satu kota yang masih meninggalkan misteri ialah Petra di Yordania.

Petra atau yang memiliki arti batu ini dulu dipercaya sudah dijadikan pemukiman sejak abad ke-4 SM. Pada tahun 1985, UNESCO telah menjadikan Petra sebagai situs warisan dunia.

Athena (Yunani)

Salah kota kuno yang bisa dijadikan wisata sejarah dunia ialah Athena di Yunani. Tempat yang merupakan kelahiran peradaban demokrasi barat ini manusia setidaknya sudah bermukim sekitar tujuh ribu tahun.

Tak ayal jika keberadaan manusia tertua diketahui berasal dari zaman milenium ke-11. dan ke-7 SM. Athena juga dikenal sebagai tempat lahirnya pemikir dunia, seperti Aristoteles dan socrates.

Machu Pichu (Peru)

Di Kota Peru terdapat jejak reruntuhan kerajaan Inca yang terkenal di dunia, yaitu Machu Pichu. Kerajaan ini dahulu dibangun pada masa kejayaan kekaisaran Inca pada tahun 1450-an.

Kemudian kerajaan ini ditinggalkan ketika kekaisaran Inka runtuh oleh Spanyol. Setelah Spanyol meruntuhkan dan menghilangkan secara misterius, setelah berabad-abad kemudian, Machu Pichu ditemukan kembali dengan kondisi tertutup hutan lebat.

Pompeii (Italia)

Pada zaman dahulu kala kota Pompeii di Italia hancur bersama herculaneum akibat terkena dampak letusan gunung Vesuvius. Bahkan hingga menyebabkan terkuburnya daerah ini empat hingga enam meter pada tahun 79 SM.

Menurut penelitian, kota ini dibangun sebelum abad ke-7 SM dengan jumlah penduduk saat itu diperkirakan mencapai 20 ribu orang.

Gaziantep (Turki)

Selain menyajikan pesona alam yang indah, Turki juga menyimpan sebuah sejarah peradaban kuno. Salah satunya ialah di Gaziantep yang telah berdiri sejak 3650 SM. Mulai dari benteng Gaziantep hingga benteng Rafanda bisa dijadikan opsi wisatawan yang ingin berkunjung ke Turki. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar