Iklan Banner Sukun
Ragam

Deretan Film Dokumenter Ini Akan Buat Anda Merasa Ngeri

(Foto: American Murder, IMDb)

Surabaya (beritajatim.com) – Salah satu dungsi film memang sebagai media hiburan. Kita disuguhkan kisah-kisah fiktif yang menarik dan sering kali membuat perasaan kita turut teraduk-aduk ketika menontonnya.

Namun, ada pula film yang tidak sekadar menyuguhkan hiburan. Melainkan juga menyuguhkan fakta-fakta yang sering kali tidak kita duga. Film yang seperti ini biasanya merupakan film dokumenter.

Yakni film yang mencoba mengangkat fakta-fakta di kehidupan nyata melalui media film. Berikut ini ada sederetan film yang bisa membuat anda ngeri. Terutama karena banyak fakta sejarah yang tak terduga tersaji di film-film tersebut.

1. The Bridge (2006)

Salah satu film dokumenter yang bisa membuat bulu kuduk merinding adalah The Bridge. Mengisahkan jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat.

Jembatan ini sering dijadikan lokasi bunuh diri. Dan itulah yang menjadi fokus dari film The Bridge. Mereka melakukan wawancara pada kerabat orang-orang yang melakukan bunuh diri. Selain itu juda ditampilkan foto-foto saat detik-detik menegangkan sebelum melompat dari jembatan.

2. American Murder: The Family Next Door (2020)

Film ini berkisah tentang pembunuhan yang terjadi di Amerika Serikat. Ketika itu, masyarakat Amerika digemparkan dengan kasus hilangnya seorang ibu, Shanan dan dua anaknya di tahun 2018.

Mereka kemudian ditemukan di kawasan perminyakan tak jauh dari rumahnya. Penyelidikan kemudian mengungkapkan bahwa Christoper Watts, sang suami dari Shanan, adalah tersangka dari pembunuhan tersebut.

Tak hanya kisahnya yang menyeramkan. Namun, kepiawaian sang sutradara Jenny Popplewel menyatukan footage dari video-video asli sanggup membuat penonton bergidik.

3. Child of Rage: Story of Abuse (1990)

Film ini berdurasi 30 menit. Berkisah tentang seorang gadis kecil Beth Thomas yang sering membunuh hewan-hwan kecil di sekitarnya. Hal ini dia lakukan lantaran trauma berat yang ia terima.

Pasalnya Beth, telah mengalami kekerasan seksual yang dilakukan oleh orang tuanya sendiri. Film ini didominasi oleh tayangan wawancara Beth dengan psikolog ketika ia menceritakan bagaimana ia melakukan pembunuhan pada hewan-hewandi sekitarnya.

Ia bahkan mengaku pernah mencoba membunuh adik kandung dan orang tua sendiri. Lebih ngeri lagi, ia menjelaskan semua itu tanpa emosi dan ekspresi. Seolah hal-hal tersebut tak ada artinya.

4. Jonestown: The Women Behind The Massacre (2018)

Film ini bercerita tentang sebuah komunitas sekte paling mematikan di dunia. Sekte kultus ini dipimpin oleh Jim Jones yang meminta para pengikutnya untuk melakukan bunuh diri masal.

Film ini dipandu oleh pengakuan langsung dari seorang wanita yang pernah mengikuti sekte ini. Ada 918 orang yang telah tewas di sekte ini akibat menenggak koktail berisi racun.

Kejadian tersebut terjadi pada 18 November 1978 di Guyana. Para pengikut perempuan sekte People Temple ini pun diceritakan banyak yang terlibat kisah asmara dengan pemimpin mereka.

5. Jagal: The Act of Killing (2012)

Film karya Joshua Oppenheimer ini bercerita tentang salah satu masa paling kelam di Indonesia ketika orang-orang yang dituduh PKI dibantai di seluruh pelosok Negeri.

Film ini memberikan kesempatan pada para algojo yang membunuh orang-orang PKI untuk melakukan rekonstruksi kejadian kelam tersebut. Para algojo ini pun tambak begitu gembira ketika melakukan reka ulang pembunuhan yangtelah mereka lakukan seolah seperti hero yang menghukum penjahat.

Film ini pun menui pro dan kontra serta menjadi kontroversi. Namun berbagai pujian dan pernghargaan berhasil di dapatkan, seperti Best Documentary di ajang BAFTA 2013. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati