Ragam

Deretan Film Animasi Garapan Studio Ghibli Terbaik

(Sumber foto : Instagram/@ghibliuk)

Surabaya (beritajatim.com) – Siapa yang gemar menonton film-film anime karya Studio Ghibli? Disutradai oleh Hayao Miyazaki dan Isao Takahatam Studio Ghibli merupakan studio film animasi milik Jepang yang terletak di Tokyo.

Berdiri pada tahun 1983, film pertama yang diluncurkan berjudul Nausicaa pf the Valley of the Wind. Banyak film yang sudah dirilis oleh Studio Ghibli, dengan cerita yang unik dan kebanyakan menyayat hati. Tema-tema yang diangkat didominasi oleh kisah perang dan lingkungan. Penghargaan yang dihasilkan pun tak dapat dihitung lagi.

Dari sekian banyaknya film garapan Studio Ghibli, berikut ini beberapa film terbaik yang wajib kalian tonton.

Grave of the Firefly (1988)

Jika ingin menonton film yang bisa menguras air mata dan membuat terisak-isak, Grave of the Firefly bisa menjadi pilihan pertama. Garapan Isao Takahata ini memiliki latar pada Perang Dunia ke – II, dengan sudut pandang dari orang-orang yang menjad korban. Dibalut dengan alur yang kelam, cerita ini fokus pada kisah dua saudara yang terlantar setelah kedua orang tuanya tewas. Mereka pun harus berjuang untuk bertahan hidup dengan segala kesulitan yang ada di masa peperangan. Dari film ini kalian akan melihat bagaimana kaka beradik di usia anak-anaknya harus menanggung kehidupan yang pahit.

Spirited Away (2001)

FIilm yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki ini memiliki genre fantasi yang bisa meningkatkan imajinasi. Mengkisahkan tentang seorang anak perempuan bernama Chihiro yang terjebak di dunia hantu dengan wujud aneh yang disebut Kami. Itu adalah akibat dari kesalahan orang tuanya yang dianggap rakus karena telah melahap sajian untuk roh tanpa izin. Ia pun berusaha untuk membawa orang tuanya yang telah berbentuk babi kembali ke dunia manusia. Dengan durasi 125 menit, Spirited Away mampu meraih penghargaan Oscar sebagai film animasi terbaik pada 2002.

Howl’s Moving Castle (2004)

Film yang masuk dalam nominasi Oscar Best Animated Feature Film of the Year pada tahun 2006 ini menceritakan tentang seorang gadis 18 tahun bernama Sophie. Ia adalah gadis yang sangat cantik sampai akhirnya seorang penyihir mengutuknya menjadi nenek-nenek. Oleh karena itu ia memutuskan untuk hidup mandiri , dan tinggal dan bekerja di kastil berjalan milik penyihir Howl. Disutradai oleh Hayao Miyazaki, kalian akan melihat benih cinta tumbuh diantara Howl dan Sophie meski ia berwujud seperti nenek-nenek.

My Neighbor Totoro (1988)

Untuk yang satu ini, menceritakan kakak beradik yang bertemu dengan jin hutan bernama Totoro. Daripada jin hutan yang selalu terlihat menyiramkan, Totoro malah berbentuk kelinci raksasa yang menggemaskan. Dengan durasi 86, film ini mampu menyajikan kisah sederhana yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, yakni tentang kekeluargaan yang hangat. Hasil karya Hayao Miyazaki ini akan membuat penonton tersenyum dengan kisah persahabatan manusia dengan makhluk ghaib.

Adakah yang sudah menonton keempat film di atas? Jika belum, sebaiknya masukkan empat film tersebut dalam daftar tontonan kalian. Selain menghibur, aka nada banyak makna yang bisa kalian petik. [mnd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar