Iklan Banner Sukun
Ragam

Dari Menghindari Racun Hingga Jaga Asupan Nutrisi, Ini Sederet Tips Ibu Hamil

(Foto: Mart Production, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) –  Menjaga kondisi tubuh ketika hamil memang penting, terutama bagi ibu hamil. Sebab, ada calon bayi yang harus dijaga. Sekaligus dicukupi gizi dan nutrisinya agar bisa tumbuh dengan baik.

Berikut ini tips yang bisa anda lakukan agar kesehatan ibu hamil dan janin terjaga dengan baik.

Menghindari racun

Sadar atau tidak, lingkungan kita saat ini sudah penuh dengan hal-hal beracun. Kebanyakan dari kita memang tetap baik-baik saja dan tidak merasakan efek yang berat. Sebab, kita memiliki imun yang baik untuk menagkalnya.

Akan tetapi saat hamil, bayi Anda lebih rentan terhadap racun karena mereka belum memiliki sistem imun seperti kita orang dewasa. Saat Anda sedang hamil, hindari hal-hal yang mengandung racun seperti cat kuku, pewarna rambut, produk kecantikan (periksa status toksisitas pada EWG), serta produk pembersih.

Sarah Greenfield, RD, CSSD, ahli diet dan spesialis olahraga menyarankan untuk meningkatkan gaya hidup yang lebih sehat dan lebih bersih. “Ini merupakan bagian pertama dari Panduan Kehamilan yang saya dedikasikan untuk ibu hamil sebagai cara mudah membuang racun.”

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kekebalan tubuh dimulai dari usus yang sehat, inilah mengapa memiliki mikrobioma yang sehat dan beragam adalah prioritas utama bagi Anda ketika sedang hamil. Konsumsilah makanan yang beragam dengan banyak warna dan dapat membantu memberi makan berbagai bakteri di usus. Untuk menyehatkan usus, sertakan beberapa makanan berfermentasi dalam menu makanan Anda seperti yogurt kelapa, kol parut, acar, serta probiotik harian.

Selain itu sembelit sering terjadi selama kehamilan, karena hormon Anda sering berubah-ubah. Peningkatan kadar progesteron juga sering memperlambat motilitas dan dapat menyebabkan konstipasi. Untungnya, memprioritaskan kesehatan usus dapat membantu memerangi masalah pencernaan ini secara alami.

Menjaga asupan nutrisi

Diet seimbang membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengoptimalkan pencernaan. Penting untuk diingat bahwa tubuh Anda hanya membutuhkan sekitar 200 hingga 300 kalori tambahan saat Anda hamil.

Namun, jika Anda berencana untuk menyusui, Anda perlu makan sekitar 500 kalori tambahan per hari. Selain itu, antara minggu ke 24 hingga 28 kehamilan, Anda harus menjalani tes gula darah yang lebih menyeluruh untuk menyingkirkan kemungkinan tanda bahaya.

Mengonsumsi makanan seimbang akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Pastikan setiap makanan mengandung serat, lemak, protein, dan sayuran. Selain itu, cobalah untuk meminimalkan makanan olahan. Hindari juga daging deli, sushi, dan ikan bermerkuri tinggi seperti tuna dan ikan todak. [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar