Iklan Banner Sukun
Ragam

Dari eSIM Hingga ISIM, Perkembangan SIM Card HP dari Masa ke Masa yang Semakin Mini

Ilustrasi sim card yang berkembang semakin kecil. (Brett Jordan, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam teknologi komunikasi seluler, keberadaan SIM Card atau biasa disebut kartu SIM tak kalah penting dari ponsel. Tanpa kartu SIM, pengguna tak bisa menelepon dan SMS teman serta tidak bisa internetan di ponsel. Berikut ini evolusi SIM Card sejak awal mula penemuan?

Full Size SIM Card

Kartu SIM ini merupakan jenis kartu SIM pertama yang dipakai untuk perangkat ponsel jadul. Berbeda dengan sekarang, ponsel lama harus memasukkan ukuran penuh kartu SIM ini ke dalam ponsel.

Kartu SIM ini dibuat pada m kurun 1991, tahun di mana kartu SIM ditemukan. Kartu punya ukuran kartu kredit (85.6 mm x 53.98 mm x 0.76 mm).

Mini SIM

Kartu SIM jenis ini merupakan kartu SIM yang paling populer sebab masih banyak yang menggunakan kartu jenis ini hingga saat ini. Kartu ini mulai digunakan sekitar tahun 1996.

Umumnya kartu ini dijual berupa kartu SIM ukuran penuh, lalu pengguna dapat memotongnya sendiri untuk kemudian dimasukkan ke dalam ponsel. Ukuran kartu ini yaitu 25 mm x 15 mm x 0.76 mm.

Micro SIM

Micro SIM ini ukurannya tidak jauh berbeda dengan Mini SIM karena memang Micro SIM ini berasal dari Mini SIM yang kemudian dikecilkan ukurannya dengan cara dipotong.

Meski baru banyak bermunculan saat era ponsel pintar seperti sekarang ini, namun Micro SIM ini sudah ada sejak tahun 2003. Ukuran Micro SIM adalah 15 mm x 12 mm x 0.76 mm.

Nano SIM

Nano SIM Card adalah generasi keempat kartu SIM di HP. Kode kartu SIM ini adalah 4FF dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012.

Namun, vendor ponsel baru menghadirkan HP dengan slot nano SIM card ini pada 2017-an, setidaknya untuk Indonesia. Jaraknya memang cukup berdekatan dengan kehadiran Micro-SIM.

Embedded-SIM

Kartu SIM generasi kelima yang biasa disebut dengan eSIM atau Embedded- SIM. Lebih panjangnya, SIM itu berarti embedded universal integrated circuit card (eUICC).

Sederhananya, SIM ini tidak berbentuk kartu tetapi berupa sirkuit yang ditanam langsung di dalam perangkat mobile atau perangkat apapun yang nantinya bisa memakai jaringan seluler dari eSIM.

iSIM

iSIM dikembangkan oleh ARM dan diumumkan pada tahun 2018. iSIM berkembang dengan mempertimbangkan perangkat Internet of Things (IoT).

Bentuk iSIM berukuran 98 persen lebih kecil dari eSIM dan 50 persen lebih murah diproduksi karena komponen yang dibutuhkan lebih sedikit. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar