Iklan Banner Sukun
Ragam

Dapatkan Manfaat Ini Dengan Berolahraga Saat Menstruasi

(Foto: Jonathan Borba, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Menstruasi yang datang setiap bulannya membawa banyak dampak bagi wanita, baik secara fisik maupun mental. Seperti rasa lelah, lemas, pusing, kram perut, dan nyeri pada payudara dan punggung, tak lupa suasana hati yang terus berubah-ubah.

Hal ini seringkali menjadi alasan beberapa wanita untuk meghindari aktivitas fisik. Mereka beranggapan bahwa aktivitas fisik akan memeperparah rasa sakit. Ditambah dengan rasa lemas dan lelah, rasanya hanya ingin berbaring di atas kasur.

Padahal, seorang ahli bernama Greg Justice menyebutkan bahwa berolahraga selama masa datang bulan malah bisa membuat nyeri haid mereda. Hal ini juga bisa membuat kalian merasa lebih nyaman. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang kalian dapatkan saat berolahraga ditengah datang bulan.

1. Kram perut mereda

Gejala utama yang sering dialami oleh para perempuan saat haid adalah nyeri dank ram perut. Hal ini bisa kalian obati dengan berolahraga. Saat bergerak, wanita yang sedang haid akan terhindar dari kram perut dan cenderung merasa lebih baik. Lakukan olahraga yang ringan seperti jalan santai atau jogging di sekitar rumah.

2. Suasana hati membaik

Gejala selanjutnya yang sering menajdi permasalahan saat haid adalah kondisi mood yang kacau dan terus berubah. Kadang sangat sedih dan ingin menangis, terkadang selalu merasa marah, stress, cemas, dan berubah lagi. Hal ini dipengaruhi oleh kerja hormone.

Saat olahraga, maka hormone endorfin akan dilepaskan, yang mana bisa menciptkan energi positif pada tubuh. Saat tubuh melepas endorfin, maka ia akan berinteraksi dengan reseptor pada otak yang mengurangi persepsi sakit atau rasa negatif lain.

3. Menyeimbangkan suhu tubuh

Kembali lagi ke hormon, fase kadar hormone yang menurun selama haid akan membuat tubuh mengalami penurunan suhu. Untuk menjaganya tetap seimbang, olahraga menjadi solusinya. Dengan berolahraga, tubuh akan menyimpan panas lebih lama, sehingga kalian tidak akan mengalami penurunan suhu yang mendadak dan berdampak pada bertambahnya rasa lemas selama haid.

4. Haid lancar

Aktivitas fisik apalagi olahraga, akan membantu melancarkan sirkulasi darah, seperti kemacetan yang dialami disekitar pinggul. Dengan berolahraga tubuh juga akan terasa lebih bugar, terhindar dari stress yang bisa menghambat datang bulan.

Oleh karena manfaat di atas, kalian tidak memiliki alasan lain untuk bermalas-malasan saat datang bulan. Semakin aktif tubuh bergerak, maka rasa nyeri juga semakin berkurang. Namun, perlu diperhatikan juga jenis olahraga yang dijalani agar tidak berlebihan. Istirahatlah jika memang terasa lemas, banyak minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar