Iklan Banner Sukun
Ragam

Dapat Tingkatkan Adrenalin, Hindari 4 Makanan Ini Saat Stres

(Foto: Andrea Piacquadio, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Saat sedang stres, ada beberapa makanan yang dapat memperburuk mood hingga memengaruhi perasaaan Anda secara emosional. Hal ini karena hampir 95% reseptor serotonin atau hormon kebahagian berada di usus Anda. Sehingga, apa yang Anda makan dapat memengaruhi perasaan Anda.

Melansir dari Eat this, Rabu (29/9/2021) berikut ini beberapa daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat Anda sedang stres:

Kopi

Kebanyakan orang minum kopi untuk mengurangi rasa stres, namun faktanya ini justru bermakna sebaliknya. Jika Anda meminum setidaknya dua cangkir kopi saat stres, ini akan meningkatkan peradangan dan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin.

Hal ini karena efek kafein yang menyebabkan kegelisahan pada beberapa orang. “Peredam efek normal kafein bisa menjadi sinyal bahwa kelenjar adrenal mungkin terlalu banyak bekerja,” kata ahli diet Alisa Bloom, MPH, RDN.

Sereal

Bahan makanan yang praktis dan cepat disajikan sebagai menu sarapan ini sebenarnya tidak bergizi. “Makanan olahan yang sarat dengan gula,” kata Dr. Uma Naidoo, MD, psikiater nutrisi lulusan Harvard, koki profesional, dan penulis This Is Your Brain on Food.

Mengonsumsi sereal juga dapat menaikkan kadar gula darah Anda di pagi hari, ini berarti akan membuat insulin dalam tubuh Anda mengalami naik turun yang ekstream. Kondisi ini yang nantinya benar-benar mengacaukan suasana hati Anda.

Daging olahan

Olahan daging seperti sosis, dendeng, bacon diperoses dengan aditif untuk mempertahankan rasa. Zat aditif ini berupa natrium nitrit, yang digunakan untuk mempertahankan warna merah muda pada daging. Zat ini berbahaya karena dapat mengganggu kesehatan usus, menyebabkan perubahan energi dan suasana hati yang rendah, dan bahkan telah dikaitkan dengan kanker perut dan usus.

Soda

Sel tubuh mengandung magnesium yang berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi tubuh Anda. “Ketika tubuh Anda mengalami respons stres melawan atau lari yang akut, kalsium akan ditransfer ke dalam sel, kemudian magnesium dibutuhkan untuk mengembalikan sel itu ke keadaan istirahatnya,” kata Nina Dahan, MS, RD, seorang ahli diet terdaftar di Brooklyn, New York. Selain sarat dengan gula, “Soda juga mengandung asam fosfat, yang bersaing dengan penyerapan magnesium,” tambah Dahan. [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar