Iklan Banner Sukun
Ragam

Dapat Sehatkan Mental, Ini Sederet Manfaat Memelihara Hewan

(Foto: Ron Lach, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Ahli kesehatan menyatakan bahwa memelihara hewan dapat menyehatkan mental. Bagi mereka yang sudah sering memiliki hewan peliharaan pasti sudah merasakannya. Bagaimana hewan-hewan ini bisa mejadi teman sekaligus tempat kita melepaskan semua kesedihan, kegalauan.

Seperti punya anak kecil, dengan hanya melihatnya bermanja-manja saja, sudah bisa membuat semua kesedihan dan kegalauan hilang.  Tak hanya itu, memiliki hewan peliharaan juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya. Apa saja? berikut ulasannya:

Dapat menjadi teman

Memiliki hewan peliharan, sama saja seperti Anda memiliki teman. Melansir laman The wellnest, Selasa, (26/10/2021) Roseann Capanna-Hodge, EdD, BCN, LPC, psikolog dari Connecticut mengatakan bahwa hewan peliharaan merupakan sahabat yang luar biasa yang memberi Anda cinta tanpa syarat dalam banyak hal.

Selain itu, terapis dan Pemimpin Redaksi Verywell Mind, Amy Morin, LCSW, menambahkan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung tidak menderita kesedihan dan indikator lain dari suasana hati yang buruk.

Sebaliknya, pemilik hewan peliharaan akan cenderung lebih puas dengan kehidupan. Cinta tanpa syarat yang dirasakan orang dari hewan peliharaan mereka dapat membantu mereka menikmati kesejahteraan psikologis yang lebih baik, jelasnya.

Membantu mengurangi stres

Semakin sering bermain dengan peliharaan, maka stres Anda akan berkurang. “Ketika Anda memelihara hewan, penelitian menunjukkan bahwa itu menurunkan kadar kortisol (hormon stres) Anda,” kata Dr. Roseann. Selain itu, ketika saraf diatur ulang, Anda bisa merasa tenang, berpikir jernih, dan lebih mampu mengtasi stres kecil maupun besar.

Amy juga menambahkan bahwa membelai tubuh hewan peliharaaan sangat bermanfaat bagi mereka yang secara teratur berjuang untuk mengelola stres. “Ketika hewan peliharaan ada dalam kehidupan kita sehari-hari, mereka akan membantu memerangi kesepian, meningkatkan suasana hati, dan membuat perubahan gaya hidup yang sehat,” tambahnya.

Menjadi alat bantu perilaku

Seperti yang dikatakan oleh Dr. Roseann, hewan peliharaan dapat membantu anak-anak dengan masalah perilaku dan regulasi sensorik, serta mereka yang kesulitan mengatur informasi. Hal ini karena hewan peliharaan dapat membantu mengatur sistem saraf, menenangkan tingkat stres, dan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka, [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan