Iklan Banner Sukun
Ragam

Dapat Mencegah Kanker Hingga Mengobati Anemia, Ini 5 Manfaat Lain Buah Takokak

Buah takokak yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. (twitter @riri_oktriani)

Surabaya (beritajatim.com) – Takokak atau biasa disebut terung pipit merupakan salah satu sayuran yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Meski terdengar cukup asing di telinga masyarakat, rupanya tanaman berwarna hijau ini kerap dijadikan sebagai lalapan dan dapat diolah menjadi sayur.

Selain itu, takokak sendiri bisa Anda temui di perkarangan rumah dan biasanya hanya sedikit orang yang membudidayakannya. Lalu apa saja sih manfaat dari tanaman yang sering ditemukan di antara semak belukar ini?


1. Mencegah Kanker

Memiliki kandungan antioksidan solanin, solasodin, dan solamargin membuat buah takokak dapat mencegah terjadinya kanker. Pasalnya kandungan buah tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal di tubuh.

Tidak hanya itu, antioksidan dalam takokah juga disebut ampuh dalam meredakan gejela kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus hingga kanker serviks.

2. Mengontrol Diabetes

Selain untuk mencegah kanker, rupanya kandungan antioksidan dalam buah berwarna hijau ini dapat berfungsi untuk menurunkan gula darah penyebab diabetes.

Buah takokah juga mengandung metil caffeate, yakni zat fenolik alami yang memiliki efek antihiperglikemik. Kandungan tersebut bisa menghasilkan penurunan yang signifikan dalam glukosa darah dan meningkatnya berat badan.

3. Mengobati Disfungsi Ereksi

Manfaat lain dari buah ini adalah dapat mengobati disfungsi ereksi. Kandungan nutrisi dalam buah takokak bermanfaat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali ke penis.

Kondisi tersebut dapat memperbaiki kerusakan saraf pada konektor neuron yang menghubungkan sistem kerja otak di penis. Oleh karena itu, ereksi pun kembali normal.

4. Mengobati Anemia

Manfaat berikutnya, yakni dapat mengatasi anemia. Lantaran terdapat kandungan zat besi yang diperlukan untuk memproduksi hemoglobin. Bagi Anda yang tidak lancar siklus mentruasi, dengan mengonsumsi buah takokah maka akan melancarkannya.

5. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Karena buah takokak mengandung antioksidan saponin, flavonoid, alkaloid, tannin, dan glikosida, dapat mengurangi kadar kolestrol jahat dalam darah, dan menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu akan mengurangi terkena risiko penyakit jantung hingga stroke.

Itualah tadi 5 manfaat buah takokah yang bisa Anda pahami. Namun perlu diketahui jika terlalu banyak mengonsumsi buah tersebut akan menimbulkan efek samping seperi pusaing dan sakit perut. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev