Ragam

Dapat Gambarkan Kondisi Kesehatan, Waspadai 3 Masalah pada Bibir

(foto : Elise Wilcox, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kesehatan tubuh seseorang dapat dilihat dari tekstur kulit, warna mata, hingga kuku. Namun ternyata kondisi bibir juga dapat menjadi pertanda Anda mengalami masalah kesehatan.

Faktanya sebagian orang abai akan kondisi ini, mereka menggap hal tersebut merupakan permasalahan biasa yang sering menyerang bibir.

Seperti dikutup dari Bustle, Sabtu (28/8/2021) menurut Dr. Annie Gonzalez, M.D., FAAD, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology mengatakan bahwa penting untuk memperhatikan keadaan bibir Anda, “Meskipun tidak setiap gejala, namun beberapa penyakit serius menunjukkan tanda-tanda melalui bibir.”

Gonzalez juga menyarankan untuk memperhatikan perubahan berubah warna, tekstur, atau ukuran bibi. Berikut ini beberapa permasalahan pada bibir yang menunjukkan masalah kesehatan:

Bibir kering

Kondisi bibir ini umum dirasakan oleh banyak orang. Susan Massick, dokter kulit bersertifikat di The Ohio State University Wexner Medical Center, Colombus, mengatakan, bibir pecah-pecah dapat terjadi karena menurunnya kelembapapan pada kulit. Gejala serupa juga dapat manjadi ciri Anda mengalami dehidrasi. Kondisi ini juga dapat menjadi gejala awal alergi atau dermatitis kulit, alias iritasi.

Luka di sudut bibir

Retakan/luka pada sudut bibi menjadi gejala penyakit acnitic cheilitis atau peradangan pada bibir, “Perubahan prakanker pada bibir biasanya akibat paparan sinar matahari kronis yang berisiko kanker kulit jika tidak diobati,” kata Massick. Kondisi serius bahkan bisa menyebabkan pasien telihat memiliki bercak bersisik yang terus-menerus kering yang tidak pernah sembuh meskipun menggunakan pelembab.

Bibir pucat

Gonzales juga mengatakan jika bibir mengalami perubahan warna dari kemerah-merah ke merah muda pucat, itu bisa menandakan kekurangan vitamin atau bahkan kanker kulit. Johns Hopkins Medicine mengatakan, warna pucat juga bisa menjadi pertanda Anda terkena anemia defisiensi besi, yaitu ketika sel darah Anda tidak memiliki senyawa yang mereka butuhkan untuk membuat hemoglobin. Sedangkan bibir berwarna biru dapat menunjukkan anemia atau kemungkinan penyakit jantung, sedangkan bibir kuning dapat berarti Anda memiliki masalah dengan hati. [rsf/bjo]



Apa Reaksi Anda?

Komentar