Iklan Banner Sukun
Ragam

Daftar rempah-rempah berpotensi ekspor 2021

Pixabay.com

 

 

Surabaya (beritajatim.com) – Rempah rempah merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai rasa dan aroma yang berkarakter dan berfungsi sebagai bumbu untuk penambah rasa pada makanan. Selain itu rempah- rempah juga digunakan sebagai bahan obat, minuman, kosmetik, parfum, aromaterapi, dan sebagainya.

Bagi orang Indonesia rempah-rempah sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan, dengan meraciknya menjadi ramuan herbal. Rempah – rempah juga menjadi salah satu upaya dalam menjaga kesehatan agar tidak mudah terkena virus atau penyakit, apalagi di masa Pandemi seperti ini.

Bagi orang-orang Eropa rempah-rempah Merupakan Salah satu pilihan bagi orang orang Eropa yang tinggal di daerah dingin. Bagi mereka rempah-rempah sering dijadikan bahan minuman yang menghangatkan tubuh, namun tidak hanya itu saja rempah rempah juga menjadi salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. apalagi Indonesia menjadi salah satu negara sebagai Pengekspor rempah besar di dunia, karena Indonesia selalu menjadi peringkat tiga besar dunia sebagai produsen rempah-rempah pilihan.

Adapun Indonesia memiliki peringkat pertama sebagai produsen kayu manis dan cengkeh. Hal tersebut sebaiknya dijadikan sebagai pertimbangan bahwa produksi rempah di Indonesia dapat lebih unggul dibanding pasar internasional. Namun selain kayu manis dan cengkeh ada beberapa potensi ekspor rempah-rempah di Indonesia yang tinggi diantaranya:

 

Lada hitam
Item sering disebut sebagai Merry ca yang mempunyai nama Latin Piper Nigrum, Ada hitam merupakan sebuah tanaman yang memiliki kandungan akan kaya kimia seperti minyak lada, minyak lemak, dan pati. Lada memiliki karakter yang khas yaitu bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik.

 

Pala
Kanglam merupakan tanaman berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda Maluku, sejak masa Romawi buah pala memiliki nilai yang paling tinggi sebagai rempah rempah dan menjadi komoditas perdagangan sejak saat itu.

 

Vanili
Vanili merupakan tanaman penghasil Bubuk vanili yang biasa dijadikan sebagai pengharum makanan terutama pada kue. bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang mirip berbentuk seperti kacang Polong. Adapun vanili juga mampu memberi kesehatan pada tubuh seperti kesehatan jantung, mencegah jerawat, memperkuat rambut, mencegah kanker dan sebagainya.

Nah itulah potensi daftar rempah- rempah yang bisa diekspor pada tahun 20021.Namun selain yang disebutkan di atas Kayu manis dan Cengkeh juga termasuk sebagai komoditas terbesar ekspor Indonesia. [ptr/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar