Ragam

Daftar Karya Anak Bangsa Yang Diakui Dunia

(Foto: National Cancer Institute, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kita harus akui bersama bahwa Indonesia punya banyak potensi. Termasuk potensi sumber daya manusia. Banyak anak bangsa yang karyanya bukan hanyahanya diakui di Indonesia saja, tapi sudah mendunia. Karya tersebut cukup fenomenal, layak untuk dikenang. Karya yang dihasilkan tak hanya berguna bagi sebagian orang, tapi sudah merambah di seluruh dunia.

Apa saja karya anak bangsa yang diakui dunia? Tentu kita sebagai orang Indonesia layak bangga akan karya itu. Sembari terus berharap di masa mendatang akan lahir karya yang lebih hebat. Seperti dilansir dari akun Instagram @tutorteknik, berikut daftarnya.

Metode Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie adalah presiden ketiga Indonesia. Kecerdasan eyang Habibie, tidak hanya terkenal di Indonesia, beliau juga tenar masyarakat mancanegara. B.J. Habibie tercatat sebagai orang pertama yang menemukan teori dan metode penerbangan. Metode ini kemudian dikenal dengan nama Metode Habibie. Keberadaan metode ini mempermudah insinyur dalam menghitung keretakan pesawat hingga ke tingkat yang tak kasat mata (atom).

Alat Pemindai Otak 4D

Dr. Warsito P. Taruno, beliau dikenal dunia berkat temuan alat yang diberi nama alat pemindai otak 4D. Dengan alat ini, ilmuwan dunia dapat melakukan riset soal otak dengan mengukur sinyal listrik yang dihasilkan lalu merekonstruksi kembali volumetrik dan aktivitas otak. Hebat bukan beliau?

Sinyal 4G

Kalian mungkin familiar dengan sinyal 4G, hampir seluruh wilayah Indonesia sudah dapat merasakan kualitas sinyal 4G. Ternyata, salah satu penemu konsep 4G itu orang Indonesia. Beliau adalah Prof. Dr. Khoirul Anwar yang berhasil mengembangkan konsep Fast Fourier Transform, jadi ide awal sinyal 4G.

Kontainer Penyimpan Limbah Nuklir

Karya ini dihasilkan oleh Dr. Ir. Yudi Utomo Imardjoko. Ide ini pertama muncul usai permintaan khusus dari pemerintah Amerika yang khawatir limbah nuklir akan semakin menumpuk di sana. Penyimpanan limbah nuklir karya Dr. Ir. Yudi ini kini telah dikenal dunia.

Teknik Sosrobahu

Saat kalian melihat penyangga jalan layang yang dibuat sejajar dengan jalanan di bawahnya, itu merupakan hasil karya orang Indonesia. Sistem ini didesain oleh Tjokorda Raka Sukawati dan banyak digunakan negara-negara di Asia.

Teknik sosrobahu diakui dunia lantaran bisa menghemat tempat dan sangat mengefisien transportasi.

Konstruksi Pondasi Cakar Ayam

Teknologi pada bidang konstruksi ini pertama kali diciptakan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo di tahun 1961. Berkat pondasi ini bangunan memungkinkan dibangun di atas struktur tanah yang sangat lunak seperti rawa. Teknologi ini sudah dipatenkan di lebih dari 40 negara. Cukup fantastis, dan layak bangga pada karya orang Indonesia ini.

Itulah daftar karya anak bangsa yang telah diakui dunia. Di masa mendatang, bukan tidak mungkin akan muncul karya baru yang tidak kalah fenomenal. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar