Ragam

Cocok untuk Mahasiswa, 5 Ide Bisnis dengan Modal Minim

Ilustrasi ide bisnis yang bisa buat sampingan para mahasiswa. (Foto: Hosenou, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Hendak memulai bisnis sebenarnya tidak perlu menunggu hingga lulus kuliah. Saat kuliah pun anda bisa mulai merintis bisnis. Tidak perlu perlu takut harus mengeluarkan modal besar. Saat ini sudah ada peluang bisnis modal minim yang bisa ditekuni oleh para mahasiswa.

Namun dalam merintis bisnis, anda tidak bisa langsung mengharapkan keuntungan besar. Anda juga harus memiliki etos kerja, selain itu anda juga harus gigih serta tekun dalam menjalaninya. Dilansir dari dailybusiness Berikut ini lima ide bisnis dengan modal minim yang cocok untuk mahasiswa.

Social media management

Bisnis tidak hanya berkutat pada penjualan produk saja. Anda juga bisa menawarkan jasa sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Salah satu jasa yang cukup banyak dibutuhkan adalah manajemen media sosial.

Hal ini karena banyak pelaku bisnis dituntut untuk bisa memasarkan produknya melalui internet, termasuk melalui media sosial. Nah, sebagai mahasiswa harus pandai memanfaatkan peluang ini.

Bahkan untuk saat ini, banyak bermunculan perusahaan besar yang menawarkan jasa khusus mengelola media sosial, mulai dari konten, desain, dan penjadwalan postingan.

Fotografi

Untuk menjadi seorang fotografer saat ini tidak harus mempersiapkan berbagai peralatan fotografi profesional. Siapapun kini bisa menjadi fotografer dengan modal minim. Apabila anda punya memiliki hobi di fotografi, ide bisnis yang satu ini patut untuk Anda pertimbangkan.

Video production

Anda yang punya hobi shooting dan editing video, opsi bisnis yang satu ini cocok. Seiring dengan banyaknya penggunaan media sosial, jasa pembuatan video pun banyak diminati untuk membuat konten di YouTube, Instagram, serta TikTok.

Jasa les privat

Ide bisnis ini sebenarnya sudah ada sejak dulu dan sering kali ditekuni oleh mahasiswa. Namun, di masa pandemi, jasa les privat kian dibutuhkan guna mendukung anak belajar dari rumah.

Kuliner khusus take away dan delivery

Bisnis kuliner kecil tidak butuhkan modal yang besar, juga mudah untuk dilakukan. Anda bisa memulai bisnis kuliner yang hanya melayani take away dan delivery. Anda tidak perlu membuka kedai, tetapi bisa memanfaatkan platform food shopping yang banyak tersedia.

Beberapa ide bisnis dengan modal minim ini bisa Anda tekuni sejak masih duduk di bangku kuliah. Bisnis apapun yang dijalani sebenarnya terpenting adalah anda bisa serius dan tekun dalam menjalaninya. (dan/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar