Iklan Banner Sukun
Ragam

Cocok Buat Diet hingga Mencegah Kanker, Ketahui Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Ilustrasi buah bit yang diolah menjadi jus, baik untuk kesehatan. (pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Buah bit merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang memiliki banyak nutrisi dan dipercaya berkhasiat untuk kesehatan.

Buah yang memiliki warna merah gelap ini tumbuh di dalam tanah. Selain itu, bit juga memiliki berbagai kandungan nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin dan masih banyak lagi.

Biasanya buah ini dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, di jus, hingga dimakan secara mentah. Lalu apa saja sih manfaat dari buah bit ini ?


· Menjaga Tekanan Darah

Manfaat pertama buah bit yakni dapat membantu menurunkan tekanan darah diastolic dan sistolik. Hal ini lantaran buah bit mengandung nitrat yang dapat mengubah oksida dalam darah dan membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi tahanan pembuluh.

· Menangkal Demensia dan Diabetes

Buah yang kaya akan nutrisi ini dapat mencegah demensia, menurut studi 2011 menyatakan jika nitrat membantu mengurangi demensia dan dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada orang yang lebih tua.

Bahkan buah yang memiliki kandungan antioksidan asam alpha-lipoic ini bisa bermanfaat bagi penderita diabetes, lantaran diduga dapat membantu menyembuhkan saraf yang rusak dan mencegah kerusakan sel pada penderita.

· Cocok Untuk Diet

Tidak hanya itu, buah yang dapat memperbaiki kadar gula darah bagi orang yang mengalami obesitas ini, juga cocok bagi Anda yang ingin melakukan program diet. Sebab kandungan serat dalam buat bit dapat membantu menahan rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda terhindar dari mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kalori.

· Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Siapa yang sangka jika buah kaya akan nutrisi ini juga dapat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin, lantaran bit memiliki kandungan folat yakni sebuah zat yang penting dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dipercaya jika zat ini dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur. Namun, perlu diketahui jika jangan terlalu banyak saat mengkonsumsi buah yang memiliki ukuran kecil ini. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar