Iklan Banner Sukun
Ragam

Catat, 5 Provinsi ini Lakukan Pemutihan Pajak Berkendara

Ilustrasi kendaraan bermotor (foto : Clay Banks, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Informasi penting pemilik kendaraan bermotor. Beberapa provinsi di Indonesia akan mengadakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor yang dimulai pada Agustus 2021. Sebuah kabar dan kesempatan yang dapat dimanfaatkan dengan baik untuk masyarakat.

Ada 5 Provinsi yang mulai melakukan pemutihan pajak kendaraan bermotor:

DKI Jakarta
Sebuah program yang dilaksanakan selama masa PPKM, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor. Hal dikarenakan menjadi dispensasi untuk para pengendara yang wajib pajaknya sudah jatuh tempo pada 3-20 Juli 2021. Sedangkan untuk pelaksanaanya sudah dimulai sejak Agustus hingga hingga September 2021.

Dispensasi terhadap pemberlakuan pajak ini dibuat dengan rincian penghapusan sanksi administrasi dan pemberian keringanan pajak kendaraan bermotor tahun 2021:

  • 10 persen jika melakukan pembayaran di bulan Agustus 2021
  • 5 persen bagi yang membayar di bulan September 2021

Bali
Pulau yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata. Di Bali, program pemutihan pajak kendaraan diadakan cukup lama dari Agustus hingga Desember 2021 Pembebasan pajak yang diberikan diantaranya sanksi denda pajak kendaraan bermotor, bebas sanksi bea balik nama kendaraan bermotor kedua, bebas pajak untuk yang menunggak lebih dari 2 tahun dan dibebaskan untuk pembayaran tahun ketiga dan seterusnya

Jawa Barat
Secara resmi, pemerintah Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat mengadakan program pemutihan pajak dan triple untung plus yang telah berlaku sejak 1 Agustus 2021. Masyarakat yang telah menunggak pajak kendaraan selama lima tahun bisa mengikuti program ini dengan kebebasan membayar. Maka pajak yang perlu dibayar hanya khusus tahun 2021 tanpa perlu membayar pajak tahun sebelumnya.

Jawa Tengah
Sama halnya dengan provinsi lainnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberlakukan program pemutihan pajak kendaraan dengan jangka waktu yang cukup singkat dari Agustus 2021 hingga 6 September 2021.

Daerah Istimewa Yogyakarta
DIY merupakan daerah dengan jumlah pendatang terbanyak memberlakukan program pemutihan pajak kendaraan bermotor dengan jangka waktu yang sama dengan Bali dari Agustus hingga 31 Desember 2021. Program yang diberikan adalah menghapuskan denda pajak kendaraan bermotor dan biaya bea balik nama kendaraan. [prd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar