Ragam

Cara Tepat Keluar dari Zona Nyaman, Lakukan Sekarang Juga

Ilustrasi keluar dari zona nyaman. (Sumber foto : Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak orang yang merasa kesulitan untuk keluar dari zona nyaman. Umumnya mereka takut untuk memulai sesuatu dari awal, terlebih jika yang dipilih ternyata tidak lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, ada banyak hal lainnya yang juga perlu untuk dipertimbangkan.

Sebenarnya, tak perlu terlalu khawatir karena ada cara tepat yang bisa dilakukan untuk keluar dari zona nyaman tersebut. Diantaranya ialah dengan menerapkan beberapa poin berikut ini;

Pelajari skill baru

Tentu saja untuk keluar dari zona nyaman, kamu harus memiliki skill lain untuk menjajal peruntungan bidang lain. Misalnya selama ini kamu menguasai dunia fotografi, maka tingkatkan skill lain seperti video editing, content creator, bahasa asing, atau bidang lainnya yang bahkan tidak saling berkaitan. Hal ini juga bisa membuatmu menghindari rasa jenuh dengan aktivitas yang selama ini monoton.

Rubah kebiasaan sehari-hari

Coba rubah kebiasaan keseharian kamu. Misalnya selama ini berangkat kerja melalui jalan barat, coba hari ini melewati jalan lain.

Jika selama ini pergi menggunakan kendaraan pribadi, coba sesekali kenakan kendaraan umum. Mungkin jika selama ini sering melakukan olahraga di pagi hari, maka coba ganti pada sore atau malam hari.

Lakukan satu kebaikan

Coba pastikan bahwa setiap hari kamu telah melakukan setidaknya satu kebaikan. Entah itu dengan memberi makan kucing liar, mentraktir teman, atau membantu orang menyebrang. Dalam 24 jam itu setidaknya kamu harus bisa menjadi orang yang bermanfaat. Terlebih dengan melakukan sesuatu yang mungkin sebelumnya juga belum pernah kamu lakukan.

Coba gaya hidup atlet

Umumnya seorang atlet memiliki gaya hidup yang mementingkan kesehatan serta kebugaran tubuh, seperti rutin berolahraga rutin 20-30 menit sehari, konsumsi makanan sehat dan menghindari junk food, serta mencoba metode diet baru. Hal ini akan membuatmu lebih peduli pada hal-hal yang mungkin selama ini kamu abaikan.

Lawan ketakutanmu

Setiap hari, setidaknya harus ada satu ketakutan yang harus kamu lawan. Misal takut berbicara di depan banyak orang, maka cobalah memberanikan diri untuk melakukannya.

Mungkin dengan menjajal menjadi pembicara di acara ulang tahun adik atau lainnya. Hal ini akan membuatmu memiliki pengalaman baru yang bisa dijadikan pembelajaran juga. (fyi/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar