Iklan Banner Sukun
Ragam

Cara Sederhana dan Mudah untuk Mengurangi Polusi Air

(Foto: Anna Shvet, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Pencemaran air didefinisikan sebagai pencemaran yang terjadi di tempat-tempat penampungan air meliputi danau, sungai, lautan, dan air tanah. Kita semua tahu bagaimana polusi air telah menjadi masalah utama, terutama saat kita meningkatkan produksi zat yang berpotensi berbahaya. Ia tidak hanya mengakibatkan air terkontaminasi, tetapi juga merugikan satwa liar yang bergantung pada air yang aman untuk bertahan hidup.

Dengan meningkatnya pemanasan global dan perubahan iklim, planet kita sudah terhuyung-huyung di bawah krisis air yang akut. Terlebih lagi, dengan pertumbuhan populasi dunia ini pada tingkat yang eksplosif, sumber daya air juga semakin tercemar pada tingkat yang lebih tinggi. Masalah dan masalah yang berhubungan dengan polusi air telah berkembang dengan pesat dan ini pada gilirannya menyebabkan lebih banyak penyakit yang ditularkan melalui air.

Meskipun tidak ada langkah singkat untuk menghentikan polusi air, ada hal sederhana dengan mengubah gaya hidup sehari-hari bisa membantu mengurangi polusi air. Cara terbaik untuk membersihkan air yang tercemar bukanlah dengan membersihkan air yang tercemar tetapi dengan menghentikan pencemaran.

Yuk simak cara mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pencemaran air yang terjadi saat ini.

1. Gunakan Lebih Sedikit Plastik

Sangat sulit untuk memecah plastik setelah diproduksi. Sebagian besar plastik yang kita konsumsi berakhir di pasokan air dunia, di mana lebih sulit untuk menangkap ikan dan membuangnya dengan aman. Jika Anda dapat menggunakan barang plastik sesedikit mungkin, Anda membantu lingkungan. Sampah plastik juga menyebabkan pembusukan di sumber air.

2. Gunakan Kembali Barang

Setiap kali Anda membeli sesuatu yang tidak dapat didaur ulang, seperti plastik, lebih baik untuk menggunakan kembali barang ini sebanyak mungkin. Kebiasaan ini membatasi konsumsi Anda dan berarti lebih sedikit produk tersebut yang akan berakhir di sungai, danau, dan lautan dunia.

3. Opsi yang Dapat Didaur Ulang

Jika ada dua pilihan untuk barang tertentu, coba pilih yang mudah didaur ulang. Botol kaca jauh lebih baik untuk lingkungan daripada plastik, misalnya.

4. Jangan Buang Minyak di Wastafel

Meskipun tidak ada yang salah dengan mengkonsumsi minyak dalam makanan Anda atau mengoleskannya pada tubuh Anda, adalah ide yang buruk untuk membuang minyak, lemak dan minyak goreng bekas di wastafel atau saluran pembuangan. Lebih baik membuang minyak di tempat sampah, atau mengumpulkan semua kelebihan minyak Anda dalam satu botol dan kemudian membuangnya.

5. Bahan Kimia Pembersih

Mirip dengan minyak, bahan kimia pembersih berbahaya ketika mereka memasuki pasokan air. Jika Anda mengosongkan wadah perlengkapan pembersih rumah tangga, lakukan di tempat sampah, bukan di wastafel. (rad/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar