Iklan Banner Sukun
Ragam

Cara Mudah untuk Memulai Membangun Hubungan Sosial yang Baik

Ilustrasi komunikasi sosial dengan teman. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Manusia adalah mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Sekalipun ada yang menyebut diri mereka independent, namun tetap ada beberapa hal tidak dapat dikerjakan sendiri.

Maka dari itu, penting untuk membangun hubungan bersosialisasi yang baik dan benar. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

Respon positif

Memang benar, dalam berkomunikasi kita tentu menginginkan adanya feedback atau respon. Namun tidak semua hal yang dibalas dengan bicara. Beberapa respon yang lain yang dapat diberikan dengan bentuk nonverbal seperti tersenyum atau bermain dengan ekspresi. Jadi ingat tidak perlu selalu dijawab dan dikomentari. Jika itu bukan hal yang penting atau kamu merasa segan lebih baik diam saja.

Minta tolong

Membangun hubungan baik dengan orang tidak suka kita dengan minta tolong. Dalam berhubungan sosial, besar kemungkinan kita akan menemukan orang yang kurang cocok. Jika ingin tetap berteman baik maka mulai dengan meminta tolong padanya. Tentu saja, mereka akan segan membantu meskipun tidak menyukaimu.

Hal itu akan menurunkan kewaspadaan dan bersikap lebih ramah. Menurut Benjamin Franklin, cara mendapat simpati musuh adalah dengan meminta bantuan padanya sehingga membuat pandanganya lebih lembut dan positif sehingga dapat berteman.

Jujur

Semisalnya ada yang bertanya padamu tapi kamu tidak tahu jawabannya, cukup jawab tidak tahu. Kita tidak perlu mengarang supaya terlihat pintar. Hal ini justru membuat kita terkesan konyol bahkan menjadi boomerang sendiri. Selain itu, jika lawan bicaramu memang benar-benar memahami topik bahasan kalian itu akan lebih memalukan dan berbahaya untuk masa depan.

Sopan

Ramah memang sesuatu yang baik dilakukan, namun sopan jauh membuat orang lebih dihargai. Sebagai contoh, jika sikap kita terlalu ramah bahkan di tahap riang disaat suasana sedang tidak baik akan membuat orang lain menjadi kesal. Kemudian, saat kita bingung dan cemas karena banyak masalah, kemudian temanmu datang dengan ceria sambil bercanda atau saat teman sedang sedih,maka lebih baik cukup duduk menemaninya hingga dia mau bicara.

Tanpa disadari terkadang orang yang terlalu ramah sering manipulatif maka perlu berhati-hatilah. Lain hal dengan sopan ini hal sederhana yang dapat dilakukan tidak bermain handphone saat berbicara dengan orang lain atau bersandar saat duduk berbicara dengan orang yang lebih tua. Terkesan biasa tapi ini jauh dapat memperlakukan orang dengan baik. (PRD/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar