Iklan Banner Sukun
Ragam

Cara Mudah Membuat Toppoki yang Enak di Rumah

Tampilan toppoki ala rumahan sebelum (kiri) sesudah (kanan) yang dilumuri saus dengan tambahan bawang. (Sumber foto: twitter @estehtarikaja)

Surabaya (beritajatim.com) – Jajanan Korea kini telah menjamur di berbagai negara, khusunya Indonesia. Sebut saja seperti kimchi maupun toppoki yang bisa Anda jumpai di restoran Korea maupun supermarket.

Selain itu, dua makanan tersebut juga ada yang dijual secara instant alias tinggal makan saja.

Namun, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi membuat toppoki sendiri, berikut beberapa cara dan bahannya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Bahan Adonan Toppoki yang Dibutuhkan:
Untuk bahan toppoki siapkan 100 gram tepung beras, 1 sdm tepung tapioca, 1/2 sdt garam, 1 sdm minyak goreng, dan kurang lebih 1/2 gelas air panas.

Bahan Saus Toppoki yang Pelu Disiapkan:
Selanjutnya untuk bahan saus, siapkan 3 sdm saus sambal, 2 sdm saus tomat, kurang lebih 2 gelas air, 1 sdm maizena larutkan dengan 3 sdm air, 1 siung bawang putih, tambahkan sedikit bawang bombay cincang, dan 1/2 bungkus bon cabe.

Cara Membuat Toppoki dan Sausnya:
Langkah pertama membuatnya, yakni campurkan tepung beras, tepung tapioka, terigu, lada, dan garam. Lalu aduk rata dan tuangkan air panas secara perlahan ke adonan.

Kemudian aduk terus sampai adonan jadi kalis dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu bentuk adonan memanjang dengan diameter sejari.

Lahkah selanjutnya, yakni rebus adonan toppoki pada air mendidih, tunggu hingga adonan mengembang dan mengapung baru siap untuk ditiriskan, jangan lupa untuk potong-potong menjadi kecil.

Nah untuk saus juga tak kalah mudah saat membuatnya, yakni tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan saus tomat dan sambal tambahkan air. Aduk rata beri garam dan gula serta bon cabe.

Masukkan potongan adonan tepung beras ke saus. Kemudian aduk – aduk agar saus tidak pecah. Lalu tambahkan larutan maizena agar bisa mengental. Nah aduk kembali dan masak hingga matang dan mengental, saus pun sudah siap untuk disajikan dengan toppoki.

Agar toppoki ala rumahan ini lebih enak, Anda bisa menyajikannya dengan bawang secukupnya atau sesuai selera. Tak lupa untuk taburi wijen di atas toppoki yang sudah dibaluri saos tadi. Makanan pun siap dihidangkan. (frs/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar