Ragam

Cara Merawat Perineum Robek Setelah Melahirkan

(Foto: Christian Bowen, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Melahirkan selalu menjadi momen yang membahagiakan. Hampir semua ibu ingin anaknya bisa lahir dengan sehat dan tumbuh dengan baik. Meskipun, proses melahirkan bukan hal yang sederhana. Beberapa orang harus rela melakukan operasi, atau mengalami kesakitan yagn luar biasa agar anaknya bisa lahir.

Sebagian ibu yang melahirkan secara normal pun sering mengalami robekan perineum secara terpaksa maupun tidak. Hal ini terjadi karena tidak semua vagina lancar dan lentur untuk melahirkan bayi dari rahim alhasil, harus dirobek. Robekan ini disebut sebagai robekan Perineum atau Episiotomi. Namun jangan khawatir karena ada beberapa tips yang dapat merawat robekan ini agar cepat pulih.

Biasanya dokter atau bidan akan memeriksa robekan ini yang dilakukan saat di rumah sakit. Biasanya hal ini disarankan pemeriksaan berkala untuk memantau perkembangan luka. Sembari penyembuhan luka anda bisa lakukan atau menghindari hal- hal berikut ini.

Hindari berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, dan gunakan bahan pakaian yang ringan seperti katun dan celana dalam yang bisa sekali pakai, dan juga hindari pemakaian pakaian ketat terutama celana.

Anda boleh melakukan pemanasan atau latihan dasar panggul sesegera mungkin setelah melahirkan. Karena aktivitas ini dapat meningkatkan suplai darah dan membantu mempercepat penyembuhan bekas robekan.

Perbanyak minum air putih kurang lebih delapan gelas dam sehari. Hari ini bermanfaat untuk mengencerkan air seni. Dan pastikan duduk dalam posisi aman dan nyaman.

Minum obat pereda nyeri secara teratur seperti parasetamol atau ibuprofan, atau obat yang dikasih dokter yang terpenting adalah aman bagi ibu menyusui. Pastikan anda berkonsultasi dengan dokter sebelum minum obat apapun.

Bekas luka tersebut bisa di kompres menggunakan air dingin atau es, akan tetapi jangan langsung menempelkan ke kulit melainkan gunakan bungkusan seperti kain atau flanel dan kompres selama 30 min selama beberapa hari pertama.

Gunakan air hangat untuk cebok, karena hal ini dinilai terasa lebih nyaman dan dapat membantu mengurangi rasa perih atau bisa gunakan pancuran atau bidet air hangat.

Itulah bagaimana cara merawat perineum robek pasca kelahiran. Adapun jika anda merasakan tidak enak badan, demam, bahkan keluar cairan bernanah dan berbau, jahitan lepas atau tidak bisa mengontrol buang air. Segera periksakan ke dokter agar mendapat penanganan lanjut yang lebih tepat. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar