Iklan Banner Sukun
Ragam

Cara Mengobati Polip Hidung Sebelum Mengalami Komplikasi

Ilustrasi orang yang mengalami polip hidung.

Surabaya (beritajatim.com) – Jaringan lunak yang tumbuh di bagian dalam saluran hidung merupakan polip hidung, memiliki bentuk seperti buah anggur dengan posisi menggantung di bagian dalam hidung. Biasanya polip hidung ini dapat berisiko menyumbat saluran pernapasan. Namun, tidak usah khawatir karena cara mengobati polip hidung cukup mudah.

Benjolan lunak ini memang dapat menyerang siapa saja, namun paling sering terjadi pada orang dewasa yang berusia lebih dari 40 tahun. Serta biasanya lebih berisiko dialami oleh pasien berjenis wanita daripada laki-laki.

Penyebab munculnya polip pada hidung belum diketahui secara pasti, namun kondisi ini disinyalir terjadi akibat adanya reaksi alergi. Polip hidung memiliki ukuran kecil dan besar, umumnya yang berukuran kecil tidak menimbulkan gejala. Namun sebaliknya, jika ukuran polip besar atau berjumlah banyak dapat mengganggu saluran pernapasan.

Gejala polip hidung ini akan terasa jika jaringan yang tumbuh sudah cukup besar dan mulai menghambat saluran hidung. Nah, berikut gejala-gejala yang mungkin muncul pada beberapa penderita.

Diantaranya seperti hidung berair atau berlendir, kesulitan bernapas akibat hidung tersumbat, mengalami sakit kepala, sering mimisan, nyeri gigi di bagian atas, insomnia, hingga berkurang atau hilangnya indera penciuman, dan masih banyak lagi.

Polip hidung cara mengobati dapat diatasi dengan mengenali gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas tadi. Jadi jika sewaktu-waktu Anda mengalami gejala yang sudah disebutkan bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Namun perlu diketahui jika kemungkinan polip bisa sewaktu-waktu muncul kembali setelah disembuhkan.

Namun perlu diwaspadai jika polip hidung dapat menyebabkan komplikasi, seperti terj

adi osteitis atau infeksi tulang sinus, infeksi jaringan di sekitar sumsum tulang belakang dan otak, infeksi di jaringan daerah mata, hingga risiko tinggi yakni dapat memblokir saluran hidung saat tidur.

Oleh karena itu, jika Anda merasakan gejala polip hidung dapat mengatasinya dengan melakukan konsultasi atau mengonsumsi obat herbal atau resep dari dokter.

1. Tetes hidung atau obat semprot

Jika Anda tidak ingin melakukan operasi, obat tetes hidung dan obat semprot yang mengandung kortikosteroid dapat memberikan efek perbaikan gejala setelah menggunakannya satu atau dua minggu. Obat ini dapat mengurangi radang di hidung dan membantu mengecilkan bahkan dapat menghilangkan polp tanpa bekas

Namun perlu diketahui jika penggunaan obat yang mengandung kortikosteroid ini dapat menimbulkan efek samping berupa sakit tenggorokan, mimisan, hinga iritasi pada bagian dalam hidung.

Untuk cara pengaplikasiannya dengan berbaring teletang di kasur dengan posisi kepala dan leher melewati tepi tempat – tempat tidur. Kemudian Anda bisa teteskan atau semprotkan obat tersebut dan tunggu hingga 4 menit sampai obat tetes sepenuhnya masuk ke bagian belakang lubang hidung.

2. Buah Nanas

Selain obat dari apotik, Anda juga dapat menggunakan nanas untuk mengobati polip hidung. Karena kandungan bromelain pada buah nanas dapat menghancurkan sel sehingga ukuran polip hidung bisa berkurang.

3. Kunyit

Selain dipercaya dapat menjadi obat herbal penurunan demam, kunyit juga disebut-sebut dapat menghilangkan polip hidung, lho. hal ini lantaran kandungan dalam kunyit yang mampu mengurangi produksi lender, dan memiliki anti septik maupun antiiflamasi.

Namun hingga saat ini menurut dokter jika polip hidung cara mengobati cukup ampuh dengan kandungan kortikosteoid. Namun apabila sudah mengonsumsi obat dengan kandungan tersebut tidak kunjung sembuh makan jalan satu-satunya adalah dengan melakukan operasi. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar