Iklan Banner Sukun
Ragam

Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap, Mudah dan Simpel

Ilustrasi bau mulut yang membuat tidak nyaman (Monstera, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Bau tak sedap pada mulut tentu sangat menganggu, terlebih dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Hal ini karena orang-orang di sekitarnya akan lebih memilih menghindar dan menunjukkan respon yang tidak senang.

Tak ayal jika kemudian beragam upaya dilakukan untuk mengatasi keluhan tersebut. Sebenarnya ada beberapa cara yang dianggap ampuh untuk mengatasi bau mulut, di antaranya;

Hindari makanan mengandung sulfur

Makanan yang mengandung sulfur, seperti bawang merah, bawang putih, hinga bawang bombay, identik dengan aroma yang menyengat. Tak ayal jika terlalu sering mengonsumsinya dapat membuat bau mulut tak sedap. Maka sebaiknya hindari makanan tersebut.

Makan makanan yang kaya zinc

Makan makanan yang kaya zinc ternyata tidak hanya memberikan dampak baik pada kesehatan tubuh, namun juga dipercaya dapat mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Makanan yang kaya zinc bisa berupa rumput laut, almond, dan jenis-jenis kacang lainnya.

Rajin bersihkan karang gigi

Karang gigi tidak hanya membuat gigi seseorang rusak, namun juga bisa menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Sehingga sangat disarankan untuk rajin membersihkan karang gigi setidaknya enam bulan sekali. Tentu saja hal ini dilakukan pada ahlinya atau dokter gigi.

Perbanyak minum air

Cara lain untuk meminimalisir bau mulut ialah dengan memperbanyak minum air. Sederhananya, minum air dapat membersihkan sisa-sisa makanan, kuman, bakteri yang tertinggal dalam mulut. Bahkan secara medis, hal ini juga cukup disarankan.

Bersihkan lidah saat sikat gigi

Tidak bisa dipungkiri bahwa lidah juga salah satu faktor timbulnya bau tak sedap pada mulut. Maka dari itu, saat menggosok gigi disarankan untuk sekalian membersihkan permukaan lidah.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan punggung sikat gigi atau bahkan alat khusus untuk membersihkan lidah.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut tak sedap yang kerap kali mengganggu aktivitas kita. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar