Iklan Banner Sukun
Ragam

Cara Mencuci Pakaian Olahraga Agar Awet Dan Wangi

(Foto: Cottonbro, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Saat anda berolahraga pasti anda menggunakan pakaian yang nyaman dan memungkinkan kulit untuk bernafas. Oleh karena itu, keamanan dan kenyamanan pakaian tersebut untuk berolahraga adalah tujuan utama dalam pembuatan pakaian olahraga.

Sehingga kita tak kaget dengan harganya yang relative tinggi, karena setara dengan teknologi standar mutu yang di tawarkan. Pakaian olahraga juga di rancang khusus agar awet atau tahan lama dalam pemakaiannya. Meski telah dirancang sedemikian rupa agar awet pakaian olahraga tetap dapat rusak dalam jangka waktu pendek jika tidak tepat dalam perawatannya.

Oleh karena itu pakaian olahraga perlu perlakuan khusus terutama dalam mencucinya.
Berikut cara mencuci pakaian olahraga agar awet dan wangi, berikut selengkapnya!

Jangan menggunakan detergen secara berlebihan

Banyak orang yang percaya bahwa menggunakan detergen yang berlebihan dapat membuat pakaian lebih wangi dan awet, tetapi pernyataan tersebut tidak benar. Karena di dalam mesin cuci memiliki teknologi yang dimana memiliki siklus tersendiri untuk menghilangkan detergen pada pakaian dalam takaran tertentu. Sehingga jika anda menggunakan detergen secara berlebihan, detergen pada baju tidak akan sepenuhnya hilang.

Faktanya, detergen yang tertinggal di pakaian dapat menyebabkan pertumbuhan jamur pada pakaian. Biasanya pakaian yang sudah terkena jamur berbau aneh.

Hindari pemakaian pelembut

Kebanyakan pakaian olahraga yang rusak dan melar bersumber dari pelembut pakaian atau softener. Pelembut pakaian dapat menjebak bau yang dikarenakan oleh meninggalkan lapisan yang susah untuk di hilangkan. Tidak kita sadari saat kita selesai mencuci kita mencium bau aneh pada pakaian itu karena pelembut pakaian mengunci bau. Untuk memusnahkan bai ini anda dapat menggunakan cuka putih ditambahkan dalam pakaian yang sedang di cuci.

Panduan yang benar pada saat mencuci pakaian olahraga

1. Bagian dalam pakaian olahraga cenderung lebih banyak kotoran atau bekas keringat oleh karena itu balik semua pakaian olahraga dari luar ke dalam yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran di dalam baju dan mengawetkan warna.
2. Rendam pakaian sebelum mencuci dengan setengah cangkir cuka putih dengan air dingin yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan bau pada saat berolahraga.
3. Gunakan detergen sesuai kapasitas air dan mesin cuci yang di gunakan.
4. Cuci pakaian dengan air dingin agar tidak menghilangkan warna dan penyusutan pada pakaian.
5. Jika bau tetap tercium bisa menambahan setengah cangkir cuka putih lagi dalam siklus cucian.
6. Keringkan pakaian dengan udara agar mengurangi resiko tekstur warna pakaian yang luntur dan penyusutan. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar