Iklan Banner Sukun
Ragam

Cara Memilih Cengkeh Yang Bagus

(Foto: Afif Kusuma, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Cengkeh merupakan simbol kedaulatan bangsa Indonesia, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa cengkeh merupakan tanaman rempah asli bumi Nusantara. Tanaman ini berasal dari kepulauan Maluku, dimana maluku memiliki peran strategis dan tanah subur yang membudidayakan secara komersial, serta menjadi salah satu unggulan ekspor komoditi perkebunan Indonesia.

Rempah cengkeh ini merupakan salah satu rempah yang sering digunakan untuk penyedap rasa makanan. Cengkeh ini memiliki aroma khas yang bisa meningkatkan wangi masakan, sebelum menggunakannya pililah cengkeh dengan kualitas tinggi agar hasil masakan terasa lezat.

Rempah cengkeh ini termasuk tanaman tropis yang hasilnya bisa dirasakan setelah ia berumur 4-5 tahun, Dan cengkeh ini sering dimanfaatkan sebagai penguat rasa dan aroma pada masakan, minuman, industri farmasi,kosmetik, dan obat herbal adapun cengkeh juga menjadi serapan terbesar untuk produksi kretek.

Adapun selain digunakan untuk memasak, cengkeh juga biasanya digunakan untuk berbagai jenis minuman hangat tradisional Lalu untuk mendapatkan rasa yang enak dari cengkeh, maka anda harus betul memilih cengkeh tersebut. simak berikut ini cara memilih cengkeh yang bagus.

Pilih cengkeh dengan ukuran besar

Memiliki jenis cengkeh dengan ukuran besar adalah cengkeh Penang. Namun untuk memilih cengkeh dengan ukuran besar anda pilihlah cengkeh dengan terlihat jelas kepala dan batangnya.

Lihat dari warna

Cengkeh dengan warna coklat kemerahan merupakan rekomendasi untuk dijadikan pilihan terbaik, dan pilihlah cengkeh dengan bentuk kelompok yang masih kuncup dan Benang Sari didalamnya.

Pilih cengkeh yang kering

Bunga putih pada Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu dapur, karena memiliki aroma yang khas. Selain itu semakin kering cengkeh maka semakin kuat juga aromanya. maka Pilihlah cengkeh dengan kondisi yang benar-benar kering atau anda bisa jamur kembali cengkeh dirumah.

Pilih Cengkeh yang sudah tua

Cengkeh yang sudah tua memiliki ciri-ciri berwarna hitam pekat. pastikan anda memilih cengkeh dengan warna hitam pekat dan juga memiliki ukuran cengkeh yang besar. Nah itulah cara memilih cengkeh yang bagus. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar