Ragam

Cara Melawan Hoaks di Grup WA Keluarga

Ilustrasi [Tracy Le-Blanc/pexels.com]

Surabaya (beritajatim.com) – Kalian pasti pernah mendapatkan berita hoax dalam bentuk beragam, dari mulai video, teks, gambar, dan masih banyak lagi. Adapula tema yang disiarkan juga dari yang ringan sampai terlalu berat untuk diklarifikasi.

Terdapat rekomendasi cara ampuh tanpa berdebat dengan orang tua jika mengetahui berita hoax. Perdebatan tidak akan menghasilkan apapun, dan malah berpotensi bermusuhan. Maka lebih baik kita dekati dengan cara di bawah ini.

Jika orang tua kita menggunakan instagram di gadgetnya usahakan kita periksa siapa akun media sosialnya yang mereka ikuti, dari situ teman-teman bisa saring akun-akun yang tidak terpercaya diganti untuk memfollow akun terpercaya. Misal saja orang tua mengikuti akun berita konspirasi lalu kita ganti dengan folklor akun terverified.

Lalu langkah selanjutnya sebagai anak kita jangan sampai ketinggalan untuk menyebar berita terpercaya ke orang tua. Jadi orang tua bisa melek perspektif yang berbeda. Hal ini disarankan untuk lebih peduli mengenai berita terkini sehingga kita sebagai anak muda juga tidak telat informasi atau kudet.

Ajak Orang tua untuk berdiskusi dan nonton berita di televisi, dari situ kita bisa menilai perspektif orang tua tanpa menghakimi atau mengajarkan orang tua seakan-akan kita lebih pintar. Hal itu juga menyebabkan kita sebagai anak tidak akan didengar oran tua.

Jika biasanya orang tua bergaul dengan teman dekatnya coba sesekali untuk ngobrol dan sharing isi pikiran kita dengan diselipkan hiburan, biasanya orang tua lebih percaya teman sebaya dibanding anaknya yang belum selesai sekolah, alias belum banyak pengalamannya.

Nah itulah teman-teman yang bisa penulis rekomendasikan dalam melawan hoax di lingkungan grup keluarga. Dimana langkah-langkah tersebut sesuai pengalaman penulis.. tidak menutup kemungkinan ada cara lain yang lebih efektif untuk melawan hoax, tapi lebih baik kita cegah dan betulkan daripada kita biarkan. Dan tidak disarankan untuk memaksa dan membuat kekerasan ya teman-teman.. cukup dengan berdamai agar informasi yang disampaikan jelas dan terpercaya. [ptr/bj0]



Apa Reaksi Anda?

Komentar