Iklan Banner Sukun
Ragam

Cara Cegah Kucing Cakar Sofa dan Kursi Rumah, Tetap Bisa Pelihara Si Meong

Ilustrasi kucing yang suka menggaruk sofa sebagai penanda wilayah favoritnya. (Sumber foto: pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Kucing memang salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan. Tetapi tidak bisa dipungkiri hewan berkumis ini terkadang bisa membuat majikannya merasa geregetan.

Iyaps, apalagi kalau bukan karena tingkah lakunya yang enggak bisa diam. Berlari, menggaruk-garuk, bahkan mencakar furniture yang ada di dalam rumah. Seperti sofa, karpet, pintu, dan masih banyak lagi.

Bagi manusia, kucing yang mencakar ragam furniture mungkin terlihat sebuah tindakan atau kebiasaan yang merusak, tetapi tidak bagi kucing. Karena, aktivitas menggaruk adalah hal yang diperlukan oleh kucing.


Kucing mungkin tidak terus menerus menggaruk di tempat yang sama, dan pasti kita tidak mau jika kucing menggaruk ujung sofa atau kursi di rumah.

Tapi sebelum cari tahu cara mencegah kucing menggaruk sofa, ada baiknya untuk mencari tahu mengapa aktivitas menggaruk itu baik untuk kucing.

Aktivitas menggaruk bagi kucing rupanya membantunya meregangkan otot dan melepaskan ketegangan di tubuh atau melepaskan stres.

Saat menggaruk, tubuh kucing melepaskan hormon yang membuatnya merasa lebih baik. Selain itu kebiasaan tersebut juga sebagai penandaan wilayah, loh.

Tapi bagaimana sih cara mencegah kucing agar tidak menggaruk ujung sofa dan kursi lagi. Berikut informasinya.

Kucing membenci segala wewangian yang menyengat, lantaran ia memiliki indra penciuman yang tajam. Apalagi salah satu jenis hewan mamalia ini tidak suka wangi kulit buah jeruk, mentol, pengharum ruangan, serta parfum.

Nah jadi, Anda bisa menyemprotkan aroma wewangian tersebut di sudut – sudut sofa atau kursi agar tidak digaruk oleh kucing.

Tapi ingat jangan berlebihan saat menyemprotkannya, lantaran dapat menganggu penciuman kucing Anda.

Nah, kucing memang hewan yang unik dan suka jail. Apalagi jika Anda memiliki kursi jenis sofa yang sewaktu – waktu dapat digaruk oleh kucing. Maka sebaiknya Anda menyediakan tempat menggaruk alternatif untuk si kucing.

Misalnya Anda bisa menyediakan tiang atau karpet garuk khusus kucing, atau Anda bisa membuatnya sendiri dari bahan kardus bekas atau kayu yang cukup kokoh dan dililit dengan tali tambang. Tapi ingat, meletakkan tiang atau karpet harus tepat di mana kucing Anda suka menggaruk. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev