Ragam

Cara Ampuh Sembuh dari Sariawan, Lakukan 4 Hal Ini!

(Foto: Rodolfo, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Salah satu penyakit yang mungkin sering diderita oleh banyak orang adalah sariawan. Sebenarnya ada berbagai penyebab sariawan, namun yang jelas, penderita menjadi sulit makan dan minum.

Walaupun benar bahwa penyebab kemunculan sariawan belum jelas secara pasti tapi, biasanya masalah ini terjadi di bagian lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam. Penyebabnya bisa karena infeksi virus atau jamur, alergi makanan, dan kekurangan nutrisi tertentu.

Bahkan bisa jadi karena kita sedang stres, sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, kebiasaan merokok, mulut kering, atau karena luka.

Biasanya masalah sariawan akan hilang dan dapat sembuh sendiri dalam waktu 10–14 hari. Tapi tidak sedikit sariawan yang menetap di dalam mulut berminggu-minggu dan bahkan meninggalkan bekas luka. Berikut cara ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan secara alami:

Menggunakan Olesan Madu

Si pemberi rasa manis, madu berperan sebagai anti radang dan anti bakteri yang cocok untuk mengobati sariawan. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3–4 kali sehari. Dalam memilih madu yang baik untuk sariawan adalah madu murni tanpa proses pasteurisasi.

Tempelkan atau Kompres dengan kantong teh chamomile

Bunga yang biasa digunakan sebagai bahan teh adalah Chamomile. Kandungan yang ada di Chamomile mengandung senyawa anti radang dan antiseptik, yaitu azulene dan evomenol, yang dapat meredakan dan mempercepat penyembuhan sariawan.

Sedangkan untuk cara penggunaanya dengan merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat, kemudian kompres luka sariawan dengan kantong teh kompres selama kurang lebih 5 menit, sebanyak 3–4 kali sehari.

Rutin Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan

Selain melakukan pengobatan, asupan gizi dan nutrisi menjadi sesuatu hal yang penting. Mulai dengan rutin, makan makanan yang mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buah

Kumur dengan larutan garam

Ini adalah metode yang tepat dengan berkumur menggunakan larutan garam. Cara yang dapat dikatakan efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan.
Pemakaian produk ini dapat dilakukan dengan cara mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, kemudian kumur menggunakan larutan selama 15–30 detik. Bukan hanya garam, kita juga bisa menggunakan baking soda.(prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar