Iklan Banner Sukun
Ragam

Cara Ampuh Mengatasi Mata Bintitan Secara Alami dan Mudah Dilakukan

Ilustrasi mata bintitan yang timbul karena polusi. (Tima Miroshnichenk, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Mata merupakan salah satu indra yang paling rentan terkena infeksi. Hal ini kerap terjadi karena terpapar polusi, kotoran, atau benda asing lainnya. Tak ayal jika banyak mikroorganisme yang mungkin bertumbuh sekaligus berkembang.

Salah satu penyakit yang kerap timbul saat mata mengalami infeksi ialah bintitan. Bintitan merupakan kondisi di mana kelopak mata terdapat memar yang disertai dengan benjolan menyerupai jerawat.

Selain menimbulkan rasa panas dan gatal, bintitan juga membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Namun, tidak perlu khawatir. Karena bintitan bisa diatasi dengan cara alami dan sederhana.

Cara ini bahkan dianggap cukup ampuh untuk mengurangi rasa gatal sekaligus menghilangkan benjolannya. Bahan yang digunakan pun cukup mudah didapatkan.

Kompres dengan air hangat

Cara dasar yang dapat dilakukan saat mengalami mata bintitan ialah dengan mengompres mata. Mengompres mata pun dianjurkan menggunakan air hangat. Hal ini tidak hanya berguna untuk mengurangi rasa gatal, namun juga dapat membuat benjolan mengempis secara alami.

Cukup dengan merendam handuk atau sapu tangan halus ke dalam air hangat. Kemudian tempelkan pelan-pelan di area kelopak mata yang mengalami bintitan.

Bersihkan dengan air bersih

Membersihkan area mata menggunakan air bersih memang perlu dilakukan secara rutin. Mengingat mata menjadi salah satu indra yang cukup rentan.

Penggunaan air bersih ini bisa dilakukan dengan menggunakan kapas atau kain halus yang sudah dibasahi. Bisa juga dengan mengalirkan air bersih ke bagian mata. Jika sudah keringkan dengan tisu bersih.

Kantong teh hitam

Tak hanya untuk dikonsumsi, teh hitam juga bisa digunakan untuk mengatasi mata bintitan. Hal ini tak lepas karena adanya bahan anti bakteri yang dapat membantu proses penyembuhan.

Caranya cukup mudah, yakni seduh terlebih dahulu teh hitam ke dalam air panas. Kemudian jika sudah diangkat dan tidak terlalu panas, gunakan kantong teh hitam untuk mengompres mata yang mengalami bintitan, kurang lebih 5-10 menit.

Hindari pemakaian make up

Khususnya bagi para wanita, jika mengalami bintitan sebaiknya hindari pemakaian make up dan sejenisnya. Hal ini agar kulit pada kelopak mata bisa beristirahat. Terlebih kandungan bahan kimia yang terdapat dalam make up bisa memperburuk kondisi bintitan.

Hindari kontak lensa

Selain make up, sebaiknya hindari juga kontak lensa saat mata sedang bintitan. Hal ini karena kontak lensa dapat memperburuk kondisi tersebut. (fyi/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar