Ragam

Cara Agar Tidak Kecewa, Lakukan 3 Hal Penting Ini Sebelum Berekspektasi

Ilustrasi orang yang kecewa karena ekspektasi terlalu tinggi. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com)  – Sebagai manusia tentu saja, tanpa disadari muncul ekspektasi yang masuk akal hingga tidak realistis. Walaupun begitu, kadangkala ekspektasi dapat mempengaruhi kebahagiaan ketika realita tidak sesuai dengan harapan. Apalagi jika ada perbedaan antara ekspektasi dan motivasi yang tak sesuai.

Maka dari itu, penting untuk kita memiliki life skill tentang mengelola ekspektasi dan kekecewaan saat keadaan tidak tak sesuai harapan. Bahayanya ketika hal itu tidak kita miliki, kemungkinan besar seseorang mudah merasa stres hingga depresi. Faktanya memang tidak semua hal dapat berjalan sesuai dengan keinginan atau ekspektasi.

Pentingnya mengelola kekecewaan ketika keadaan tidak sesuai ekspektasi. Inilah beberapa tips yang dapat dilakukan:

Pastikan Ekspektasi Bukan Sumber Kebahagiaan

Kita perlu sadar bahwa kebahagiaan tidak hanya didapatkan dari ekspektasi yang sering membayangi pikiran.Faktanya, ada berbagai hal lain yang dapat membuat kita bahagia seperti hal-hal sederhana di sekitar. Dibandingkan kita hanya mengharapkan rasa bahagia dari sesuatu yang belum jelas. Mulailah meyakini apa sudah terjadi menjadi suatu sumber kebahagiaan.

Hindari Kebiasaan Menaruh Harapan Lebih pada Orang Lain

Manusia adalah makhluk yang tidak sempurna sehingga besar kemungkinan mereka akan mengecewakan. Maka dari itu, ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, tak perlu menyalahkan situasi bahkan berujung pada penyesalan.

Melainkan kita harus menerima jika orang dapat bertindak di luar ekspektasi bahkan mengecewakan. Maka dari itu, lebih baik tidak meletakkan harapan pada orang lain sehingga muncul rasa kecewa yang besar.

Tutup Telinga pada Sesuatu Hal yang Tidak Penting

Omongan atau cibiran orang lain memang tidak bisa kita kendalikan. Namun, respon kita yang dapat diatur. Jika mereka hanya mengganggu dan menambah rasa kecewa, ambil tindakan untuk tidak perlu mendengarkannya.

Lebih baik fokus pada perasaan diri sendiri sehingga tidak mudah terpengaruh dengan omongan negatif orang lain yang tidak membangun.

Kunci penting adalah menyadari bahwa ekspektasi memang sesuatu di luar kendali setiap orang. Baik sesuatu yang kita harapan yang bisa terjadi sesuai ekspektasi, walaupun sebaliknya.

Apapun itu tidak perlu disalahkan melainkan hanya saja pola pikir semua orang perlu menerima sehingga dapat mengambil sisi positif dari situasi terburuk. (PRD/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar