Ragam

Bunga Telang, Ragam Warna Ragam Manfaat

(Foto: Artur Soltysiak, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Di Indonesia, bunga telang sudah sangat akrab dengan masyarakat. Bunga ini bisa digunakan sebagai pewarna makanan atau minuman, juga bisa dijadikan campuran minuman rempah. Warnanya yang beragam pun jug menarik untuk dibudidayakan. Selain biru, warna yang jamak kita temukan pada bunga telang, ada juga yang berwarna putih, ungu, serta merah.

Bunga telang atau biasa disebut kembang telang dengan nama latin (Clitoria ternatea) merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat mudah ditemukan di indonesia. Bunga yang bentuknya menyerupai corong ini juga bisa digunakan sebagai insektisida hingga pakan ternak dan kosmetik alami. Selain itu, bunga ini juga dapat dijadikan sebagai obat herbal dan pengobatan tradisional. Berikut beberapa Manfaat bunga telang, simak selengkapnya!

1. Meningkatkan daya ingat

Kadar asetilkolin dapat meningkat karena kita mengkonsumsi ekstrak bunga telang. Asetilkolin adalah zat kimia yang memegang peranan penting terhadap daya ingat dan pada saat kita mempelajari sesuatu.

2. Meringankan peradangan

Bunga telang sejak zaman dahulu diyakini sebagai obat herbal untuk demam dan peradangan. Beberapa riset menunjukkan bahwa bunga telang diketahui memiliki efek antiradang yang bermanfaat untuk menyembuhkan demam dan peradangan pada tubuh.

3. Menyehatkan jantung

Mengatasi kolesterol tinggi adalah salah satu manfaat dari bunga telang. Oleh karena itu bunga telang banyak digunakan sebagai obat herbal dan salah satunya bermanfaat untuk Kesehatan jantung.

4. Menyembuhkan luka

Bunga telang juga dapat menyembuhkan luka karena dalam kandungan bunga telang terdapat kandungan flavonol glikosida. Selain itu di dalam tumbuhannya juga mengandung fenolik. Pada suatu penelitian, khasiat bunga telang dapat menyembuhkan luka secara efektif.

5. Menurunkan gula darah

Dengan mengkonsumsi bunag telang anda dapat menurunkan gula darah yang tinggi dan menjaganya tetap stabil. Bunga telang juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya resistensi insulin yang bisa saja memicu terjadinya penyakit diabetes.

Nah itulah manfaat bunga telang, selain warna nya yang indah banyak khasiat di dalamnya, maka tak heran jika bunga ini dijadikan bahan makanan dan minuman. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar