Iklan Banner Sukun
Ragam

Bukumu Mudah Rusak? Lakukan 6 Cara Merawat Buku Agar Awet Bagus

Ilustrasi buku-buku yang terawat. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Buku adalah aset berharga, di dalamnya tersimpan banyak pengetahuan yang bisa kita wariskan pada anak-cucu kita. Tentu dengan syarat, jika kamu merawatnya dengan baik. Tidak jarang, kita sering teledor, sekadar membaca lalu menyimpannya tanpa dilakukan perawatan.

Buku yang disimpan sembarangan, bisa membuat buku jadi cepat rusak dimakan usia. Seperti warna kertas menguning, kertas yang menempel dan akhirnya sulit dipisahkan serta sampul yang lengket dengan buku lainnya sehingga merusak cover. Semua itu bisa dicegah jika kita merawatnya dengan benar. Lalu apa saja tip dalam merawat buku?

1. Menggunakan Sampul

Jika kamu tidak ingin buku kesayanganmu cepat rusak, kamu harus menyampulinya dengan sampul plastik. Gunakan plastik mika yang tidak terlalu tipis dan mudah robek. Pemberian sampul ini berguna untuk mencegah buku terkena debu, terkelupas, cover rusak dan buku tetap bersih. Ada baiknya, jika kamu menyampuli buku saat kamu baru membelinya.

2. Simpan Buku dalam Posisi Berdiri

Jangan simpan buku dalam posisi ditumpuk atau ditindih, terlebih untuk waktu yang lama. Menumpuk buku bisa membuat udara tidak bisa masuk ke sela-sela kertas buku. Sehingga buku jadi lembab dan mudah menempel antara kertas yang satu dengan lainnya. Hal itu bisa berdampak dengan memudarnya tinta huruf di buku.

3. Gunakan Pembatas Buku

Jika kamu ingin memberi batasan saat sedang membaca buku, lebih baik gunakan pembatas buku dan hindari melipat buku. Buku yang memiliki banyak lipatan akan tampak lusuh dan tidak rapi.

4. Sesekali Keluarkan Buku dari Rak

Buku juga butuh menghirup udara baru, agar jamur tidak mudah menempel. Untuk itu, biasakan mengeluarkan buku dari rak sembari membersihkannya dari debu. Saat mengeluarkan buku dari rak, kamu bisa membuka buku-buku lamamu agar kertas tidak menempel. Lakukan ini setidaknya 1 atau 3 bulan sekali.

5. Simpan Buku di Tempat Terbuka

Usahakan menyimpan bukumu di tempat terbuka, hal ini berfungsi agar suhu udara tetap stabil. Tempat yang lembab akan menjadi celah bagi jamur untuk tumbuh. Suhu ruangan yang ideal agar jamur tidak muda tumbuh adalah 19-22 celcius.

6. Gunakan Kampel atau Silica Gel

Untuk mencegah kertas dari rayap, kamu bisa memanfaatkan kamper atau slica gel. Letakkan kamper pada selipan buku atau rak penyimpananmu. Hal ini bisa mencegah rayap untuk memakan bukumu.

Itulah beberapa tip untuk merawat buku agar tidak cepat rusak. (Jhn/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar