Ragam

Bukannya Bahaya, Ini Manfaat Mandi Malam yang Sebenarnya

Sumber foto: Bruce Mars/usplash.com

Surabaya (beritajatim.com) – Selama ini, masyarakat telah percaya bahwa mandi malam dapat membahayakan kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kepercayaan bahwa mandi malam akan menyebabkan rematik. Padahal, ada banyak manfaat dari mandi malam yang tak banyak orang tahu.

Jika mandi malam diyakini dapat membuat nyeri sendi, Lifealth justru mengatakan sebaliknya. Mandi malam ternyata malah bermanfaat untuk mengurangi pegal-pegal pada sendi, dan menghilangkan migrain. Ini dia beberapa khasiat lain dari mandi di malam hari yang bisa kita dapatkan.

Pertama, mandi malam rupanya mampu mengatur tekanan darah dalam tubuh. Aliran darah yang tegang setelah seharian, suhu tubuh menjadi naik. Mandi di malam hari bisa membantu agar aliran darah lebih rilek sehingga suhu tubuh kembali normal. Tak hanya aliran darah, otot-otot yang kaku akibat aktivitas yang padat juga akan lebih tenang.

Setelah berbagai macam kegiatan, tak jarang otak mengalami stress, kepala terasa sakit dan berdenyut. Pikiran menjadi tak karuan. Untuk meringankannya, alangkah baiknya untuk segera mandi setelah pulang ke rumah. Membersihkan tubuh dari kuman, bakteri serta polusi yang menempel juga akan membuat pikiran lebih santai dan kembali segar. Segala rasa cemas, gelisah, bahkan sakit kepala akan menghilang.

Seusai mandi, tubuh dan pikiran yang telah kembali jernih akan membuat istirahat lebih nyenyak, sehingga kualitas tidur akan meningkat. Dampaknya, bangun tidur juga akan lebih segar dan nikmat.

Beberapa penilitian menyarankan untuk melakukan mandi malam dengan air hangat. Namun tak sedikit juga yang mengatakan mandi air dingin juga memiliki banyak manfaat. Seperti yang dilakukan peneliti di Journal Plos One, hasilnya mengatakan bahwa seseorang yang mandi dengan air dingin maka sistem kekebalan tubuhnya akan meningkat. Bahkan saat sakit pun, intensitas gejala tidak terlalu terasa. Tetapi, jika ingin terlalu kedinginan akibat cuaca di malam hari, berendam di air hangat juga tidak akan buruk.

Meski begitu, hindari langsung mandi saat tubuh masih berkeringat setelah berolahraga malam. Saat itu, pori-pori masih terbuka, jadi tunggulah 30 menit sampai pori-pori kulit kembali menutup. Selain itu, saat sedang merasa tidak enak badan, seperti demam dan kondisi tubuh tidak fit, alangkah baiknya untuk tidak melakukan mandi di malam hari. [mnd/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar