Iklan Banner Sukun
Ragam

Bukan Hanya Satu, Ini Jenis-jenis Kepribadian Ekstrovert yang Jarang Diketahui

(Sumber foto: Mike Juarez, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Umumnya pakar psikolog hanya menggolongkan tiga tipe kepribadian pada manusia yaitu introvert, ekstrovert, dan ambivert.

Introvert merupakan kepribadian manusia yang mana diidentifikasi sebagai orang yang tidak menyukai keramaian. Introvert suka menghabiskan waktu sendirian ketimbang berkumpul dengan banyak orang.

Sementara itu, kepribadian ekstrovert diistilahkan pada seseorang yang cenderung lebih terbuka serta suka pada dunia luar. Seorang ekstrovert biasanya senang mengeksplorasi kemampuan diri, orang-orang disekitar dan lingkungan sekitar.

Kepribadian ini cenderung menyukai berkumpul dan berinteraksi dengan orang banyak, sehingga tidak mengherankan bila ekstrovert memiliki teman dalam jumlah banyak juga punya relasi yang luas.

Di samping itu ada ambivert. Gabungan antara kepribadian introvert dan ekstrovert. Hal ini membuat orang ambivert punya keseimbangan yang baik akibat berada di antara kepribadian introvert dan ekstrovert.

Namun, dari beberapa kepribadian itu ada jenisnya lagi yang lebih spesifik. Pada kepribadian ekstrovert ada jenis-jenisnya. Berikut ini jenis-jenis kepribadian ekstrovert.

Ekstrovert Feelers

Ekstrovert jenis ini merupakan kepribadian seseorang yang paling suka untuk bersosialisasi. Mereka suka dan senang saat melakukan obrolan dengan orang. Hal ini karena mereka menganggap pasti ada pelajaran yang
didapat.

Extrovert Sensors

Ekstrovert jenis ini lebih percaya sama apa yang dia yakini dan alami. Extrovert jenis ini sangat suka untuk mencoba hal baru dan menantang. Mereka suka melakukan eksperimen sosial ataupun eksperimen lain yang dianggap menantang.

Extrovert Intuitors

Kepribadian ini sebenarnya tidak begitu ekstrovert, tapi masih masuk kategori ekstrovert. Hal ini karena karena mereka sejatinya lebih senang berpikir daripada berbicara.

Ekstrovert jenis ini lebih suka berargumen dan mengobrolkan hal-hal serius saja. Mereka suka mengajukan obrolan yang dalam dan cukup filosofis saat berbicara dengan orang lain.

Extrovert Thinker

Jenis yang ini begitu berbakat untuk jadi seorang pemimpin. Punya pikiran yang logis, tujuannya jelas, dan bijak mengambil keputusan. Ekstrovert jenis ini suka menciptakan sistem demi kerja lebih efisien.

Jika Anda merasa seorang ekstrovert nampaknya harus diperdalam lagi. Ekstrovert punya berbagai jenis, bisa jadi Anda justru ambivert. Kepribadian di tengah-tengah antara introvert dan ekstrovert. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar