Iklan Banner Sukun
Ragam

Bukan Hanya Hiasan Kue, Inilah 7 Manfaat Buah Ceri

(Foto: Olesia Bahril, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Bentuknya memang kecil dan imut namun, manfaat yang bisa ia berikan sangatlah banyak. Terutama bagi kesehatan tubuh manusia. Buah yang ketika masak memiliki warna merah sedikit gelap ini memang banyak diminati masyarakat.

Buah ceri. Ia memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. 21 buah ceri atau jika dijus bisa menjadi satu cangkir, memiliki kandungan 100 kalori dan sudah memenuhi 15% kebutuhan Vitamin C kita. Buah ini sering kita temukan digunakan untuk hiasan kue atau minuman tertentu. Apa saja kandungan baik dan manfaat ceri bagi tubuh?

Ceri penuh dengan antioksidan

Ceri adalah sumber antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang kuat dan berguna sebagai Pelindung tubuh, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit kronis termasuk penyakit jantung, kanker, Alzhemier, diabetes, dan obesitas.

Melindungi tubuh dari diabetes

Efek anti-inflamasi pada ceri juga membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat, dan memiliki peringkat lebih rendah dari berbagai macam buah pada indeks glikemik, yang berarti cery tidak akan memicu lonjakan dan penurunan kadar gula darah dan insulin Anda. Ini membuat keduanya protektif terhadap diabetes, dan penting untuk mengelola kondisi jika Anda sudah memilikinya.

Membantu mengontrol pola tidur yang sehat

Ceri adalah salah satu dari sedikit sumber makanan melatonin, hormon yang membantu mengontrol siklus tidur Anda. Dalam salah satu studi pada pria dan wanita dengan insomnia menemukan bahwa, 8 ons jus ceri asam di pagi hari dan satu kali dua jam sebelum tidur bisa meningkatkan waktu tidur kurang lebih 1 sampai 2 jam.

Dapat memberi bantuan arthritis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ceri bisa bermanfaat bagi penderita osteoartritis. Memasukkan ceri atau jus ceri 100% secara teratur ke dalam makanan atau camilan rutin dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri sendi.

Menurunkan risiko serangan asam urat

Dalam sebuah penelitian, pasien asam urat yang mengonsumsi buah ceri selama dua hari (baik buah segar, maupun ekstrak dan jus buah ceri) dapat menunjukkan risiko 35% lebih rendah terkena serangan asam urat dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah ceri.

Mengekang kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus ceri asam dapat membantu menurunkan kolesterol total , termasuk jenis “jahat”, yang dikenal sebagai LDL. karena setiap penurunan 1% kolesterol menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 2%. Dan LDL yang tinggi sangat mengkhawatirkan dalam kaitannya dengan risiko serangan jantung.

Mengurangi rasa sakit pasca-olahraga

Buah ceri dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri setelah berolahraga. Dan juga melindungi diri terhadap kehausan setelah berolahraga, dan membantu mendukung pemulihan otot. Untuk alasan ini jus ceri sangat populer di kalangan atlet profesional dan kompetitif. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar