Iklan Banner Sukun
Ragam

Budi Darma, dan Beberapa Karyanya yang Wajib Dibaca

Budi Darma (foto : Wikimedia)

Surabaya (beritajatim.com) – Indonesia beberapa hari lalu telah kehilangan salah satu sastrawan hebat bernama Budi Darma. Pada sabtu lalu beliau menghembuskan nafas terakhir pada usia 83 tahun. Dedikasi Budi Darma dalam dunia kesusastraan Indonesia telah malang melintang, karyanya banyak dikenal masyarakat.

Budi Darma dikenal sebagai sastrawan yang telah melahirkan berbagai karya. Mulai dari cerita pendek, novel, esai, dan karya tulis lainnya. Ia adalah salah satu sastrawan yang berpengaruh dalam perkembangan sastra di Indonesia.

Salah satu karya Budi Darma yang banyak dibaca pembaca Indonesia adalah novel berjudul Orang Orang Bloomington. Budi Darma menulis buku ini saat menempuh studi S-3. Universitas Indiana, Bloomington, Amerika Serikat pada 1981. Di Indonesia buku ini sempat angkat cetak selama beberapa kali. Selain novel Orang Orang Bloomington, berikut beberapa karya Budi Darma yang wajib dibaca bagi penggemar sastra Indonesia.

Rafilus

Novel ini salah satu karya yang cukup fenomenal. Cetakan pertama buku ini terbit pada tahun 1988 oleh Balai Pustaka. Novel ini mengangkat kontradiksi dari kehidupan yang selalu berurusan dengan jungkir balik kehidupan. Rafilus seperti halnya cara paling keras dalam mengatur urusan tersebut. Seluruh tokoh dalam Rafilus adalah manusia yang terkondisi oleh keterbatasan dan kesadarannya.

Dalam Rafilus, Budi Darma menggiring pembaca untuk turut dalam perjalanan imajinasinya dengan sangat cermat. Tema, penokohan, dan cara penyajian yang merupakan ciri khas Budi Darma terangkat. Rafilus menyajikan sisi unik sendiri terutama soal memandang kehidupan.

Olenka

Olenka merupakan sebuah novel yang lebih tua dari Rafilus Cetakan pertama Olenka diterbitkan Balai Pustaka pada tahun 1983. Sementara untuk versi terbarunya Olehka terbit pada tahun 2018 oleh penerbit Mizan Publika. Dalam perjalanannya, Olenka sudah angkat cetak selama beberapa kali.

Novel Olenka ditulis pula dengan gaya narasi khas Budi Darma. Budi Darma menempatkan seorang tokoh yang bernama Fanton Drummond (FD) sebagai narator sekaligus. FD merupakan tokoh penarasi sekaligus seorang tokoh yang hidup dalam lingkungan apartemen yang sama dengan tempat tinggal Olenka. Novel ini berfokus pada dua tokoh sentral dari cerita yang ada.

Kemudian ada Wayne (suami Olenka) dan Steven (anak Olenka) serta Mary Carson (MC). Pertemuan tak sengaja antara seorang laki-laki dan wanita dewasa bukanlah hal yang istimewa. Novel Olenka, membawa pembaca pada hal absurd penuh obsesi dan ketidakberdayaan: sebuah petualangan pikiran lebih dari perjalanan jasmani.

Solilokui

Solilokui adalah kumpulan Esai Budi Darma yang ditulis pada kurun waktu (antara tahun 1969-1981), namun kesemuanya memiliki ciri yang sama: ia ditulis dengan gaya yang khas, kritis, serta dengan wawasan sastra yang luas.

Meskipun telah lampau esai dalam buku ini masih relevan dalam kesusastraan saat ini. Enam belas esei lain membicarakan: kreativitas, para pencipta tradisi, kritik sastra, apresiasi sastra, cerpen, kebiasaan pengarang Indonesia, jurusan sastra Indonesia, dan hal-hal yang menyangkut sastra.

Itulah beberapa karya Budi Darma yang wajib dibaca dalam rangka mengenang salah satu sastrawan terhebat di Indonesia. [dan/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati