Iklan Banner Sukun
Ragam

Bosan? Waktunya Cari Hobi Baru, Begini 3 Langkah Mudahnya

(Foto: Porapak Apichodilok, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Menyalurkan rasa bosan atau waktu luang biasanya dengan melakukan hobi. Namun jika Anda tetap merasakan kebosanan berarti sudah waktunya untuk menemukan hobi baru. Kebosanan melakukan hobi sangat mungkin dialami lebih-lebih di masa pandemi ini. Sebab, hobi yang biasanya dilakukan di masa senggang menjadi lebih sering dan jadi kebiasaan.

Melansir Bustle, Mia, seorang ilmuan di Austin, Texas mengatakan bahwa tidak hanya mengisi kekosongan, melakukan hobi baru juga dapat meningkatkan kesehatan mental, “Melakukan hobi baru yang membutuhkan banyak perhatian membantu menjaga pikiran lebih tenang dan lebih bahagia.”

Nah bagi Anda yang sedang bosan berikut ini beberapa hal dapat Anda lakukan untuk menemukan hobi baru:

Kembali ke masa kecil

Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, pikirkan kembali apa yang Anda sukai saat kecil. “Apa pun yang biasa kita lakukan sebagai anak-anak, yang dapat menyibukkan kita selama berjam-jam sering kali merupakan tempat yang manis untuk kembali,” ucap Thea Monyeé, L.M.F.T., pendiri MarleyAyo, sebuah perusahaan konsultan kesehatan kreatif.

Ia juga menambahkan kebanyakan orang tidak pernah berada dalam kondisi bahagia sejak mereka masih anak-anak, jadi perlu mengulang kembali masa kanak-kanak untuk menemukan hobi yang dapat diikuti saat dewasa.

Coba hobi yang anti main stream

Anda juga bisa mencoba hobi yang berlawanan dengan minat dan bakat. Thea Monyeé menyarankan untuk mecoba sesuatu yang benar-benar acak. “Cobalah sesuatu yang Anda anggap tidak akan Anda kuasai.” Selain untuk memicu adrenalin, ini juga bisa menjadi sarana menemukan hobi baru Anda atau justru malah jadi hobi yang terpendam.

Menyibukkan diri

Jika Anda tidak tertarik untuk melakukan hobi, dan hanya butuh kegiatan untuk mengisi waktu senggang saja, coba pikirkan sesuatu yang membuat Anda melupakan stres dan kekhawatiran hari Anda. Ini dapat menjadi aktivitas yang membantu Anda rileks. Seperti contohnya merajut atau belajar bahasa, jika Anda merasa terhibur, maka itu dapat menjadi pilihan hobi baru Anda. (rsf/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar