Iklan Banner Sukun
Ragam

Booming, Ini Resep Croffle yang Bisa Anda Coba Di Rumah

(Foto: Sittinat Thurdnampetch, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Belakangan ini, Croffle menjadi salah satu kudapan yang paling banyak dicari. Seperti namanya, makanan ini merupakan kombinasi antara croissant dan waffle. Yang pertama merupakan makanan khas Autria dan kedua adalah makanan khas Belgia.

Bentuk dari adonan croffle sendiri memang mirip dengan croissant. Roti yang berbentuk mirip dengan bulan sabit. Sedangkan metode memasaknya seperti waffle dengan cara dipanggang menggunakan panggangan yang memiliki motif kotak-kotak.

Bahan-bahan yang digunakan pun merupakan kombinasi dari kedua makanan khas tersebut. Sehingga, menghasilkan cita rasa baru yang unik dan lezat.

Ada tektur lembut dan gurih sekaligus memberikan sensasi rasa manis. Kemanisannya membuat kue ini cocok bila disandingkan dengan segelas teh, kopi, atau minuman lainnya.

Kalian mungkin bisa menemukan croffle dengan mudah, baik di kafe, kedai kopi, atau kue. Namun tak ada salahnya bilang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

Dengan bahan dan cara yang sederhana, berikut ini adalah resep membuat Croffle rumahan.

Bahan :

– 200 ml susu hangat
– 6 gr ragi
– 3 sdm gula pasir
– 290 gr tepung terigu protein tinggi
– ½ sdt garam
– 150 gr mentega, suhu ruang

Cara membuat :

1. Campurkan ragi, gula, dan susu hangat. Aduk semua menjadi satu lalu tutup dengan plastik wrap. Diamkan selama 5-10 menit, tunggu hingga ragi mengembang dan berbuih.

2. Campurkan tepung terigu dan garam pada wadah lain, aduk hingga merata. Lalu masukkan larutan ragi, lumatkan adonan dengan tangan hingga menyatu.

3. Celupkan adonan yang telah tercampur ke dalam mangkuk. Pastikan mangkul tersebut sudah diolesi oleh minyak. Tutup dan biarkan selama 1 jam.

4. Setelah 1 jam, pipihkan adonan di atas papan atau alas adonan yang sudah ditaburi tepung terigu. Bentuk adonan menjadi persegi panjang, oles dengan mentega dan belah menjadi empat. Tumpuk keempatnya lalu dilipat.

5. Dinginkan dalam freezer selama 45 menit

6. Keluarkan dari freezer, pipihkan adonan dengan bentuk kotak memanjang lalu bagi menjadi 10 bagian dengan bentuk segitiga

7. Ambil satu persatu adonan, belah tengah bagian bawah, gulung menjadi seperti croissant

8. Diamkan lagi adonan kurang lebih 15-20 menit hingga mengembang

9. Olesi dengan air lalu masukkan ke dalam gula

10. Panaskan cetakan waffle, masukkan adonan lalu panggang hingga kecoklatan.

Tara! Croffle sudah siap dihidangkan. Tak hanya sebagai sarapan, pastry ini juga bisa disantap sembari menikmati sore hari. Selamat mencoba! [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati