Iklan Banner Sukun
Ragam

Bolehkah Setelah Olahraga Langsung Mandi? Ini Faktanya!

Ilustrasi orang yang sedang berolahraga. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kondisi tubuh setelah berolahraga terasa berkeringat dan lengket. Hal ini tentu membuat sebagian orang merasa risih sehingga mereka ingin langsung mandi setelah olahraga. Tapi ada yang menyebutkan setelah olahraga langsung mandi kurang baik untuk tubuh. Apakah itu benar?

Ternyata itu adalah pendapat yang kurang tepat. Mandi setelah olahraga baik dilakukan karena hal ini memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Pasalnya, dalam tubuh ada hampir dua juta kelenjar keringat. Ketika keringat basah mulai mengering, maka sel kulit yang mati bersama-sama membuat kotoran menempel pada kulit sehingga menimbulkan bau tidak sedap, setelah melakukan aktivitas berat.

Dampak lain dari berolahraga menyebabkan keringat berlebih, penumpukan minyak, kotoran, bakteri pada kulit hingga menyebabkan jerawat. Untuk mencegah semuanya itu, maka penting dalam memperhatikan kebersihan sebelum, selama, dan setelah berolahraga.


Namun, perlu menjadi catatan penting sebelum mandi setelah olahraga lebih baik melakukan pendinginan. Tujuan melakukan pendinginan membantu untuk membuat detak jantung dan suhu tubuh kembali normal. Durasi waktu yang disarankan untuk melakukan pendinginan minimal 20 menit sebelum mandi. Mandi setelah olahraga baik menggunakan air hangat dan dingin keduanya tetap bermanfaat untuk bagi tubuh.

Ketika mandi dengan air hangat membantu memicu lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh, menenangkan otot, dan memulihkan otot serta sendi. Mandi dengan air hangat membuat kita lebih merasa rileks setelah lelah berolahraga. Manfaat dari mandi air dingin membantu tubuh untuk melindungi organ dalam tubuh dengan mendorong darah mengalir hingga ke kulit.

Saat kita melakukan olahraga, detak jantung mengalami peningkatan. Hal ini berdampak pada kebutuhan oksigen meningkat sehingga tubuh secara alami menghasilkan asam laktat di otot. Hal ini merupakan sesuatu yang normal terjadi saat rutin melakukan olahraga secara intens, pasalnya tubuh hanya mengandalkan cadangan energi yang ada.

Peningkatan jumlah asam laktat akan menimbulkan perasaan seperti terbakar saat berolahraga. Maka dari itu, mandi air dingin dapat mereda perasaan panas, Jadi intinya, mandi setelah berolahraga bukanlah sesuatu yang berbahaya untuk kesehatan selama diberikan jeda atau pendinginan antara waktu olahraga dan mandi. (PRD/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar