Ragam

Bolehkah Keramas Saat Haid? Berikut Mitos dan Fakta yang Diperbolehkan Menurut Kesehatan

Ilustrasi seorang wanita yang melakukan keramas saat waktu haid. (Erick Larregui, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kita seringkali mendapatkan berbagai informasi dari berbagai sumber. Salah satunya mengenai hal-hal yang baik dan tidak baik dilakukan ketika haid. Ada yang mengatakan bahwa hindari makan makanan asam atau keramas. Namun, apakah itu hal yang benar?

Faktanya, keramas saat haid tidak berbahaya dan dapat dilakukan. Maka, pernyataan itu sebenarnya adalah sebuah mitos. Memang sering terjadi kesalahpahaman bahwa keramas saat haid membuat kepala menyerap semua air sehingga memberikan suasana dingin ke dalam rahim. Hal ini akan berdampak pada rahim yang tidak bisa melahirkan anak. Nyatanya, semua itu hanyalah mitos yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

Bukan hanya itu saja, ada beberapa perempuan yang menganggap bahwa mencuci rambut saat menstruasi menjadi penyebab rambut. Ternyata pernyataan itu hanyalah mitos. Memang belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa pernyataan dilarang keramas saat haid merupakan sesuatu yang berbahaya.

Faktanya yang dapat kita percaya adalah mandi air hangat membantu meredakan kram menstruasi sehingga keadaan nyeri menjadi lebih baik. Sebenarnya, kulit di kepala bahkan seluruh tubuh manusia bersifat tahan air sehingga tidak mungkin menyerap tubuh bahkan energi dingin tidak bisa ditransmisikan ke rahim.

Hubungan antara haid dengan kondisi Rambut

Apabila kita ulas lebih mendalam, apakah ada hubungannya antara haid dengan rambut? Faktanya, haid memang mempengaruhi suasana hati dan kulit yang mungkin berdampak buruk pada rambut.

Penyebabnya adalah kadar hormon yang mengalami banyak berubah ketika berada pada siklus haid. Itulah yang membuat tubuh menghasilkan banyak testosteron sehingga meningkatkan sebum dan menyebabkan rambut lengket, dan berminyak. Bukan hanya itu, kulit kepala menjadi lebih mudah teriritasi atau sensitif bahkan rambut menipis atau rontok.

Jadi pahami bahwa keadaan itu terjadi karena fluktuasi hormon, bukan karena mencuci rambut saat haid. Seharusnya ketika kita sedang haid lebih baik untuk menjaga diri sendiri dengan ekstra. Sebaiknya tubuh selalu dalam keadaan bersih dan rajinlah untuk mandi dan mencuci rambut. Mulai merawat tubuh dengan sebaik mungkin. (PRD/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar