Iklan Banner Sukun
Ragam

Black Friday, Pesta Belanja yang Menguntungkan Konsumen dan Pemilik Toko

Black Friday, pesta belanja dunia (foto : CardMapr, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Seperti yang kita ketahui jika setiap tahunnya, masyarakat di Amerika dan Eropa merayakan black friday. Momen yang ditunggu dan membahagiakan bagi pada konsumen. Mereka biasanya berbondong-bondong ke pusat perbelanjaan untuk mendapatkan banyak diskon yang diberikan oleh toko dibandingkan dengan hari biasa.

Tentu saja, Kebiasaan sudah mulai berjalan turun-temurun dari puluhan tahun silam hingga sekarang. Bedanya mereka tidak perlu datang ke toko karena sudah ada fasilitas atau akses untuk membeli secara online. Tidak hanya terjadi di Eropa dan Amerika, fenomena ini diadaptasi oleh indonesia dengan cara yang berbeda.

Faktanya seklias memang Black Friday memberikan keuntungan bagi konsumen. Namun ada manfaat menarik untuk toko ketika mengadakan Black Friday.

Seperti yang sudah kita pahami bersama, jika Black Friday merupakan perayaan yang disukai oleh konsumen dan pemilik toko atau usaha. Alasanya karena dalam beberapa hari penjualan mengalami keuntungan karena masyarakat sengaja menyimpan uang dan dihabiskan pada momen ini.

Selain itu, Penjualan akan meningkat dalam waktu singkat. Jadi, ketika pertengahan tahun biasanya n ada kemerosotan penjualan. Pasalnya mereka banyak yang menahan diri untuk perayaan Natal dan Tahun Baru sehingga mereka yang awalnya konsumtif tidak akan banyak membeli barang.

Manfaat lain dari Black Friday adalah menarik perhatian konsumen untuk datang. Pasalnya, banyak toko atau gerai retail memberikan cukup banyak potongan harga atau memberikan harga khusus. Konsumen tidak akan tahu berapa sebenarnya harga modal dari produk itu bahkan walaupun dinaikkan juga tidak tahu. Hanya saja dengan embel-embel diskon, mereka banyak tertarik hingga akhirnya membeli apa

Momen dijadikan sebagai ruang untuk membersihkan produk yang tidak laku dan akhirnya menumpuk di gudang. Tentu saja jika barang itu tidak segera dijual maka harganya bisa semakin jatuh. Hal ini membuat Black Friday menjadi momen untu menjual barang apa pun bisa dijual yang kemungkinan laku cukup besar. Selain itu, banyaknya diskon dan harga khusus yang diberikan akan membuat pembeli tertarik dan semakin mengenal brand itu. Maka, Black Friday bukan hanya melakukan jualan, toko, namun pemilik produk dapat melakukan branding dan meningkatkan kredibilitas. [prd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar